Ditinggal Beli Sayur, Dapur Rumah di Krasak Salaman Terbakar

Rabu 27-07-2022,05:00 WIB
Reporter : Chandra Yoga Kusuma
Editor : Malik Salman

MAGELANG – Ditinggal membeli sayur, rumah warga bagian dapur di lalap jago merah, Selasa (26/7/2022) siang, di Kecamatan Salaman.

Peristiwa kebakaran rumah tersebut menimpa dapur rumah milik Kusno, warga Dusun Krajan RT 03/01 Desa Krasak Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

"Sesuai keterangan saksi jika posisi pemilik rumah sedang pergi membeli sayur  ketika kebakaran itu terjadi. Dugaan sementara api berasal konsleting listrik dari ruang dapur yang menimbulkan percikan api dan menyambar bangunan dapur yang terbuat dari kayu,” ucap Kepala UPT Damkar Kabupaten Magelang, Edi Priyanta.

Menurut Edi, saksi sempat melihat kepulan asap disertai kobaran api yang membumbung dari arah dapur rumah korban. Selanjutnya saksi meminta bantuan warga sekitar dan menghubungi Damkar Kabupaten Magelang.

"Kami mendapatkan laporan sekitar pukul 15.11 WIB. Kemudian kami tindaklanjuti dengan mengirimkan 1 mobil pompa dan 2 tangki dari induk, 1 mobil pompa Pos WMK Salaman, 1 mobil pompa Pos WMK Tempuran, ambulance,” terang Edi.

Berkat bantuan dari warga sekitar, Polsek Salaman dan Koramil Salaman, kurang dari 30 menit api dapat dipadamkan dengan aman dan selamat.

Dijelaskan Edi, dalam proses pemadaman api, sebanyak lima rumah disekitarnya dapat terselamatkan. Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian ditaksir mencapai angka 15 juta rupiah.

"Kami himbau sambungan-sambungan kabel listrik hendaknya perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Mintalah bantuan petugas, demi terhindar dari hal-hal seperti ini. Mencegah lebih baik dari pada terjadi kejadian kebakaran,” tutur Edi.(cha)

Kategori :