Waspada Penyebaran Malware Android, Kapolres Purworejo Himbau Masyarakat Lakukan Langkah Pencegahan

Jumat 19-05-2023,22:34 WIB
Reporter : Eko Sutopo
Editor : Lukman Hakim

“ Tidak klik tautan mencurigakan dan instal aplikasi sembarangan yang disebarkan melalui grup-grup perpesanan instant,” sambungnya.

Selanjutnya, pada sebuah grup, admin jangan hanya 1, libatkan rekan lain yang mampu dan mau untuk menjadi admin pembantu, sehingga apabila admin utama terkena insiden masih ada admin lain yang bisa menangani utk hapus anggota dan hapus konten mencurigakan.

Pastikan anggota grup terdiri dari orang-orang yang dikenal admin secara nyata.

Kemudian tidak membagikan info keredensial (username dan password) kepada orang lain yang tidak dikenal atau menuliskan info kredensial di sembarang tempat.

“Lakukan penggantian password secara berkala,” lanjutnya.

Langkah pencegahan berikutnya yakni gunakan password dalam bentuk "kalimat sandi" yang kompleks minimal 8 karakter, terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, karakter khusus. Sebagai contoh: S4yaA9enR@ha5!4 >> terdiri tidak hanya 1 kata melainkan gabungan kata menjadi kalimat yang memiliki arti dengan menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus.

BACA JUGA:Sigap Tangani Kasus Curas Driver Grab, Anggota Polres Purworejo Terima Penghargaan

Selalu update sistem operasi pada perangkat apabila terdapat pembaharuan dari penyedia perangkat.

Selalu tautkan akun dengan email dan nomor telepon sebagai alat otentikasi 2 langkah (Two Factor Authentication). Pergunakan aplikasi authenticator sebagai opsi selain OTP. Siapkan email cadangan yang tehubung dengan email utama.

“Dengan memahami langkah mitigasi dan pencegahan tersebut, kita berharap tidak ada masyarakat, khususnya di wilayah hukum kabupaten Purworejo yang menjadi korban,” tandasnya. (top)

Kategori :