Jalur Sepeda di Kota Magelang Bakal Ditambah Lagi, Efektif?

Senin 12-06-2023,15:10 WIB
Reporter : Larasati Putri
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Untukmenginternalisasikan gerakan bersepeda, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang akan memperbanyak jalur pesepeda di beberapa titik tahun ini.

Kepala Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi mengaku bahwa penambahan lajur untuk pesepeda tersebut juga mendukung Kota Magelang sebagai Kota Ramah Bersepeda.

“Ini adalah langkah untuk mengkampanyekan aktivitas bersepeda, kita masyarakatkan sepeda, apalagi moda transportasi ini aman, terjangkau dan bebas emisi,” ungkapnya kepada wartawan Senin, 12 Juni 2023.

Pada tahun 2023 ini, Dishub telah mengusulkan anggaran penambahan jalur sepeda ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah di beberapa kawasan seperti Jalan Sudirman, Jalan Ikhlas, dan sebagian Jalan A Yani.

BACA JUGA:Magelang Bakal Terapkan Parkir Elektronik, Begini Cara Bayarnya!

Candra juga mengatakan bahwa kucuran dana dari Pemprov baru bisa direalisasikan di semester kedua tahun anggaran 2023.

“Tahun ini sudah diusulkan ke Provinsi, tinggal pelaksanaannya saja,” tegasnya.

Ia menyebut Dishub akan mengupayakan penambasan lintasan sepeda di beberapa kawasan lain secara bertahap.

BACA JUGA:Ada Rencana Pembangunan Basement Parkir di Alun-alun, Ini Tanggapan Petugas Parkir

Di Kota Magelang, telah ada delapan trek sepeda berjenis marka yang dapat mendukung olahraga kardio para bikers, diantara lain di Jalan A. Yani, Jalan Sudirman, Jalan Yos Sudarso, Jalan Veteran, sekitaran Alun-alun Kota Magelang, dan beberapa spot lainnya.

“Beberapa ruas jalan memang masih kita pertahankan, tujuannya agar jalur lambat masih bisa terkanalisasi,” imbuhnya.

Dengan adanya penambahan jalur lintasan bagi goweser, Candra turut memperketat fungsi kontrol kepada para pelanggar lalu lintas kendaraan bermotor yang kerap menganggu mobilisasi pesepeda.

“Kita juga terus sosialisasi ke masyarakat agar bisa patuh dengan regulasi yang ada, jika itu memang jalur sepeda ya digunakan untuk sepeda,” tandasnya.

BACA JUGA:MEMPRIHATINKAN! Kondisi Terkini Pedagang Ngesengan Magelang

Pihaknya pun menggandeng beberapa aparat penegak hukum untuk melakukan law enforcement kepada oknum nakal yang nekat masuk ke jalur sepeda.

Kategori :