LGBT se-ASEAN Bakal Ketemuan di Jakarta, Netizen : Jangankan MUI, Rakyat Indonesia juga Akan Nolak Semuanya

Rabu 12-07-2023,21:15 WIB
Reporter : Dendit Tri
Editor : Arief Setyoko

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Rencana pertemuan kelompok-kelompok HAM telah membatalkan acara lesbian gay biseksual dan transgender (LGBT) se-Asia Tenggara di Jakarta. Menurut informasi, pembatalan acara pertemuan LGBT se ASEAN itu karena alasan keamanan.

Pihak penggagas acara sebelumnya telah mengumumkan Jakarta menjadi tuan rumah acara LGBT bernama "ASEAN Queer Advocacy Week" mulai 17 Juli 2023.

Rencananya, acara itu akan mempertemukan para aktivis dari seluruh Asia Tenggara untuk membahas tantangan advokasi dan navigasi.

Inisiator acara adalah kelompok HAM ASEAN; SOGIE Caucus yang berbasis di Filipina. Termasuk Arus Pelangi yang berbasis di Indonesia dan kelompok aktivis lainnya.

BACA JUGA:WADUH! LGBT Marak Terjadi di Wonosobo

Sebelumnya, dilansir dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), secara tegas menolak acara pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis menolak keras rencana pertemuan komunitas LGBT se-ASEAN di Indonesia.

“Saya selamanya menolak penyimpangan ini, khususnya di Indonesia,” kata Cholil dilansir dari MUI.or.id.

BACA JUGA:Dimana Negeri Saba yang Terkenal dengan Peradaban Maju Tapi Dilaknat Itu? Cek Fakta Ternyata Ada di Indonesia

Cholil menegaskan, tidak ada ruang bagi LGBT di Indonesia. Jangan sampai, ada persepsi bahwa LGBT dianggap normal apalagi dilegalkan di Indonesia.

"LGBT sangat bertentangan dengan agama, Pancasila, dan kenormalan manusia," tandasnya.

Dikutip dari akun instagram, @aseansoegicaucus komunitas LGBT se-ASEAN bakal menggelar pertemuan besar di Jakarta pada 17-21 Juli 2023. Acara tersebut diorganisasi oleh ASEAN SOGIE Caucus, salah satu organisasi di bawah Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2021, bersama Arus Pelangi dan Forum Asia.

”Apakah kalian aktivis queer yang berbasis di Malaysia, Thailand, Laos, Singapura, dan negara lain di Asia Tenggara? Mari bergabung bersama kami dalam ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) Juli ini,” tulis ASEAN SOGIE Caucus dalam pengumuman di akun instagram tersebut.

BACA JUGA:Muhammadiyah Angkat Bicara Respons Eksistensi LGBT di Wonosobo yang Semakin Marak

Acara pertemuan LGBT di Jakarta ini pun sempat menghiasi trending media sosial. Di Twitter, tagar LGBT trending pada Rabu 12 Juli 2023 malam.

Kategori :