9 Manfaat Olahraga Malam Hari dan 6 Efek Sampingnya

Jumat 08-09-2023,12:59 WIB
Reporter : Muhammad Izzul Wafa'
Editor : Muhammad Izzul Wafa'

Olahraga adalah cara yang baik untuk melepaskan stres dan ketegangan. Melakukan aktivitas fisik di malam hari dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan mengurangi tingkat stres sebelum tidur.

2. Peningkatan kualitas tidur 

Meskipun olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak.

BACA JUGA:Mau Diet Sehat Anda Berhasil, Konsumsi Macam-Macam Sayur dan Buah Ini!

3. Penurunan berat badan 

Jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan, berolahraga di malam hari bisa membantu Anda mencapai tujuan ini. Aktivitas fisik membakar kalori, dan jika Anda mengatur asupan kalori Anda dengan baik, ini dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

4. Kepatuhan pada jadwal olahraga 

Bagi beberapa orang, berolahraga di malam hari lebih mudah dilakukan karena mereka memiliki jadwal yang padat di pagi atau siang hari. Ini dapat membantu Anda untuk lebih konsisten dalam menjalani rutinitas olahraga.

5. Peningkatan stamina dan performa 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suhu tubuh dan kekuatan otot bisa berada pada puncaknya di sore atau malam hari. Oleh karena itu, berolahraga di malam hari mungkin bisa meningkatkan performa Anda dalam beberapa jenis olahraga.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung: Fisioterapi Butuh Terus Disosialisasikan

6. Meningkatkan mood  

Olahraga melepaskan endorfin, yang dapat meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Ini dapat membantu Anda merasa lebih positif dan energik sepanjang malam.

7. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Melansir Forbes, olahraga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Studi menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit per hari cukup baik untuk menjaga kondisi jantung, sementara beberapa studi lain menyarankan agar berolahraga lebih lama untuk mendapatkan efek nyata.

8. Mencegah penuaan 

Kategori :