Hidden Gem di Dieng Wonosobo, Pesona Air Terjun Sikarim yang Luar Biasa

Minggu 01-10-2023,00:10 WIB
Editor : Tarjo

Fasilitas Wisata Air Terjun Sikarim Wonosobo

Air Terjun Sikarim menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti toilet, area parkir, warung makanan, gazebo, spot foto, area camping, dan mushola.

Keindahan Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Meskipun jalur perjalanan menuju tempat ini sangat ekstrim dan membutuhkan fokus yang tinggi, pemandangan yang disajikan sungguh luar biasa menakjubkan.

Di sini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan gunung-gunung yang indah yang terhampar di depan mata. Selain itu, pesawahan yang tertata rapi juga menjadi pemandangan yang menarik. Tidak hanya itu, terdapat pula beberapa tempat penanaman wasabi yang siap diekspor ke luar negeri.

Setelah melewati jalur perjalanan yang ekstrim, Anda akan dapat melihat Air Terjun Sikarim dari kejauhan. Jarak antara lokasi parkir dan Air Terjun Sikarim hanya sekitar 30 meter, sehingga Anda tidak perlu melakukan trekking yang melelahkan.

Jalan menuju air terjun ini telah tertata dengan rapi dan sangat mudah dilalui. Selain itu, jalan ini juga dihiasi dengan bunga-bunga warna-warni yang sangat cantik.

Pesona Air Terjun Sikarim Wonosobo


Pesona Air Terjun Sikarim Wonosobo--

Air Terjun atau Curug Sikarim merupakan curug tertinggi yang terdapat di Pulau Jawa, karena memiliki ketinggian sekitar 125 meter. Dan terletak di sebelah Desa Sembungan, yang merupakan Desa tertinggi di Pulau Jawa.

Airnya mengalir melalui tebing batu yang sangat tinggi, terdapat beberapa aliran air di tebing tersebut. Air yang mengalir tersebut berasal dari Telaga Cebong.

Anda akan merasakan udara yang sangat dingin ketika berada di Air Terjun Sikarim, keadaan alam yang berkabut pun akan Anda temui di sini. Bahkan, bagian atas Air Terjun Sikarim ini seakan hilang karena tertutup kabut.

Anda dapat mendekati aliran Air Terjun Sikarim dengan cara menaiki beberapa batu yang terdapat di sekitarnya, namun Anda harus berhati-hati saat melangkah di atas batuan tersebut.

Aliran airnya sangat jernih dan bersih, terus mengalir di atas tebing yang tinggi kemudian mengalirkan airnya untuk terus mengalir menuju Sungai Mlandi.

Dari atas ketinggian tersebut Anda dapat melihat pemandangan keindahan yang luar biasa, sungguh sangat menakjubkan. Memang keindahan alam yang Tuhan YME berikan sungguh luar biasa dan tidak ada tandingannya.

Obyek wisata di Air Terjun Sikarim Wonosobo

Kategori :