Ini Cara Agar Motor Maticmu Kuat Nanjak di Jalanan Pegunungan, Jangan Diskip!

Jumat 17-11-2023,15:30 WIB
Reporter : Kisna Hesti Ningrum
Editor : Kisna Hesti Ningrum

MAGELANGEKSPRES -- Untuk pengendara motor matic, wajib buat kamu tau tips berkendara dengan motor matic agar kuat menanjak di jalanan yang naik seperti di pegunungan. Simak berikut ini!

Saat ini banyak sekali ditemui pengendara motor matic di jalanan. Motor matic terbilang lebih mudah saat digunakan. Selain itu, menggunakan motor matic juga tidak membuat tubuh terasa cepat lelah.

Lambat laun, motor matic makin banyak digemari masyarakat dari berbagai wilayah, mulai dari maysarakat yang tinggal di dataran rendah seperti perkotaan, bahkan yang tinggal di dataran tinggi. 

Sayangnya, motor matic ini memiliki kekurangan, di mana tidak semuanya memiliki performa yang oke jika digunakan di jalan menanjak. Banyak pengendara motor yang merasa kesulitan saat menggunakan motor matic di jalan menanjak apalagi di jalanan pegunungan.

Padahal di daerah pegunungan juga banyak masyarakat yang menjadi pengguna motor matic. Di sisi lain, banyaknya objek wisata di area pegunungan juga membuat banyak orang mendatanginya dengan mengendarai motor matic.

BACA JUGA:5 Fakta New Honda Scoopy 2024, Siap Meluncur dengan Rangka eSAF yang Telah Dioptimalkan

Maka dari itu, akan sangat bahaya jika motor matic yang digunakan tidak memiliki performa yang prima. 

Menurut beberapa sumber, alasan motor matic kurang cocok digunakan di jalanan pegunungan karena sistem transmisi CVT yang dimiliki motor matic lebih cocok pada kontur jalanan yang cenderung berbentuk datar.

Untuk kamu yang memang harus menggunakan motor matic di jalan menanjak, jangan khawatir, permasalahan motor matic itu ada solusinya.

Dilansir dari radartegal.disway, ini beberapa cara agar motor matic kuat di tanjakan: 

1. Persiapkan mental

Satu hal yang penting untuk diperhatikan saat mengendarai motor matic di jalan menanjak adalah mematangkan keyakinan dan kesiapan mental ketika akan melewati jalan menanjak.

Terutama saat akan melewati jalan menanjak di pegunungan yang seringkali diumpai jalan tanjakan yang menukik tinggi.

2. Ambil Ancang-ancang

Saat akan menanjak, kamu harus mengambil ancang-ancang terlebih dahulu. Ketika masih ada di bawah dan dalam keadaan aman, naikkan kecepatan motor maticmu.

Kategori :