Asal Usul Ucapan Salam itu Ternyata dari Para Malaikat

Selasa 05-12-2023,23:00 WIB
Reporter : Abu Hammam
Editor : Suroso

Berdasarkan hadits ini kita tahu bahwa salam sudah ada sejak zaman Nabi Adam alayhissalaam, bahkan asal usul salam itu ternyata dari para malaikat. Dan ini tentu suatu bentuk keutamaan yang besar.

5. Salam adalah sebab kasih sayang.

Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda, "Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, kalian pun tidak akan beriman, kecuali setelah kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian, suatu amalan apabila kalian benar-benar mengamalkannya maka kalian pasti akan saling mencintai?"

Kata Nabi,

أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

"Tebarkanlah salam di tengah kalian." (Hadits riwayat Muslim).

Apabila setiap kali kita bertemu dengan seorang muslim yang lain, kita jabat tangannya, kemudian kita katakan, "Pak, bagaimana kabarnya?" atau "Umm, bagaimana kabarnya?" Semoga selalu diberikan keselamatan, keberkahan, dan rahmat dari Allah, semoga rezeki lancar, badan sehat dan anak-anak baik semua.

Pasti orang yang kita temui tersebut sangat bahagia. Orang itu pasti akan sangat respek dengan kita. Inilah rahasia saling mencintai dari Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam.

BACA JUGA:3 Macam Sujud yang Disyariatkan dalam Islam dan Dicontohkan Rasulullah

6. Salam adalah salah satu hak seorang muslim .

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada enam."Salah satu yang disebutkan Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam adalah, “apabila kamu bertemu dengan muslim yang lain, maka ucapkan salam untuknya.”

Maka dianjurkan untuk mengucapkan salam kepada muslim yang lainnya. Demikian pula orang yang mendapatkan salam maka harus menjawab salam yang lebih lengkap.(*)

Kategori :