63 Anggota Panwascam Pilkada 2024 Kabupaten Magelang Resmi Dilantik

Sabtu 25-05-2024,11:25 WIB
Reporter : Nur Imron Rosadi
Editor : Nur Imron Rosadi

MUNGKID, MAGELANGEKSPRES - Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto berharap, kepada para anggota Panwascam yang baru saja dilantik dapat segera menjalankan amanah tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga menjadikan berjalannya Pilkada sesuai tahapan dan ketentuan yang berlaku.

“Selamat kepada seluruh anggota Panwascam se-Kabupaten Magelang yang baru saja dilantik,” ucapnya saat menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota Panwascam pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, dan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2024.

Pelantikan Panwascam Kabupaten Magelang dilangsungkan di Gedung Pertemuan PDAM, Mungkid, Jumat, 24 Mei 2024.

BACA JUGA:Panwascam Purworejo Dilantik, Tugas Pertama Harus Paham Regulasi

Lebih lanjut ia menekankan agar para anggota Panwascam benar-benar memahami tugas utamanya dan menjalankan secara profesional, menjunjung tinggi kode etik, bersikap netral dan menghindari konflik kepentingan yang dapat mencederai citra demokrasi.

"Anggota Panwascam harus senantiasa menjaga integritas, netralitas dan kredibilitas," tegasnya.

Sepyo juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat termasuk Bawaslu, KPU, Pemerintah Daerah, jajaran TNI, Polri dan yang lainnya untuk tetap bersinergi dalam mewujudkan Pilkada yang aman serta kondusif.

Selain itu, Sepyo Achanto juga berkomitmen akan mendukung penuh tugas dari Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 baik dalam bentuk sarana dan prasarana maupun SDM.

"Tentu kami akan mendukung penuh, termasuk sarana dan prasarana, juga tidak lepas terkait SDM," kata Sepyo.

BACA JUGA:Hanya Fokus Terhadap Tanaman Pangan, Dispaperkan Wonosobo Ingin KTNA Lebih Melek Lagi

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Saleh menyampaikan, kesempatan ini pihaknya telah melantik sebanyak 63 anggota Panwascam.

Dari 63 yang dilantik terdiri dari 62 orang atau 98 persen adalah Panwascam pada Pemilu 2024.

"Hanya terdapat satu orang yang baru. Mekanisme yang dilakukan oleh Bawaslu adalah evaluasi kinerja," kata Habib.

Menurutnya, Panwascam Pilkada ini juga menjadi bukti bahwa Bawaslu itu menghargai adanya peran perempuan. Dari 63 anggota Panwascam yang dilantik, terdapat 20 orang perempuan.

"Kami mengafirmasi peran perempuan dalam penyelenggaraan Pemilu. Dan ini sudah memenuhi kuota perempuan," ujar Habib. (imr)

Kategori :