Senyum Sumringah Juara Duta Baca Kota Magelang Dapat Hadiah Uang dan Sertifikat

Rabu 19-06-2024,17:04 WIB
Reporter : Wiwid Arif
Editor : Arief Setyoko

BACA JUGA:KEREN! SiJeLita Inovasi Disperpusip Kota Magelang Mudahkan Pendataan Perpustakaan Binaan

Ia mengatakan, Lomba Duta Baca di Kota Magelang menjadi agenda tahunan Disperpusip dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat.

“Lomba ini kami bangkitkan di tahun 2023 lalu setelah vakum karena pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk meningkatkan indeks literasi dan kegemaran membaca bagi para siswa dan masyarakat di Kota  Magelang," katanya.

Nur Wiyono menyebutkan, ada tiga kategori Lomba Duta Baca tahun 2024, meliputi pelajar SMP sederajat, pelajar SMA sederajat, dan kategori umum.

“Nah, untuk mahasiswa bisa mengikuti kategori umum," jelasnya.

BACA JUGA:Uang Hadiah Lomba Duta Baca se-Kota Magelang Belum Cair, Orangtua Peserta: Tolong Hargai Orang Berprestasi

Dia berharap, para Duta Baca nantinya bisa mengajak masyarakat Kota  Magelang untuk gemar membaca.

Selanjutnya, para peserta dan pemenang Duta Baca Kota Magelang juga mampu menjadi tokoh literasi bersama dengan Disperpusip, Bunda Literasi, serta pegiat literasi untuk mengampanyekan gerakan budaya membaca, baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Ia menambahkan, lantaran antusiasme tinggi dari para peserta, tahun depan dia berkeinginan agar gelaran lomba lebih semarak lagi.

"Mungkin bisa kategorinya yang ditambah, termasuk uang pembinaannya. Untuk tahun ini, ada 44 peserta yang mengikuti lomba duta baca," tandasnya. (wid)

Kategori :