Cara Unik Polres Magelang Kota Cegah Tawuran Lewat Lomba Menulis Tingkat SMP

Selasa 25-06-2024,10:44 WIB
Reporter : Wiwid Arif
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Cara unik tapi mendidik, diperagakan jajaran Polres Magelang Kota dalam rangkaian HUT Bhayangkara tahun 2024 ini. Salah satunya dengan menggelar lomba penulisan artikel dan berita bertema pencegahan tawuran.

Kapolres Magelang Kota AKBP Herlina melalui Kasi Humas Iptu Untung Harjanto mengatakan, lomba ini dikhususkan para pelajar tingkat SMP di wilayah hukum Polres Magelang Kota meliputi Kota Magelang dan Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

“Lomba ini selain untuk menjaring artikel terbaik diharapkan juga dapat meredam perilaku menyimpang kalangan remaja, terutama tawuran,” kata Untung, Selasa, 25 Juni 2024.

BACA JUGA:Tekan Zero Bullying Satbinmas Polres Magelang Kota Berikan Penyuluhan

Dia mengatakan, seluruh peserta adalah pelajar SMP sederajat. Pasalnya, usia remaja dianggap sangat krusial, terutama terlibat aksi-aksi penyimpangan.

“Harapannya dengan melibatkan mereka ke arah positif, maka outputnya juga akan positif. Kita berharap, adanya lomba ini bisa menjadi kampanye bahwa tidak ada keuntungannya tawuran. Justru ini menjadi kerugian besar bagi siapa saja yang melakukan,” ujar Untung.

Selain lomba penulisan artikel bertema cegah tawuran, Polres Magelang Kota juga menentukan tema lainnya, antara lain pencegahan berita hoaks, dan polisi masa depan.

BACA JUGA:Tegas!! Polresta Magelang Tidak Keluarkan SKCK bagi Pelaku Tawuran

“Kita ingin menggelorakan bahwa HUT Bhayangkara bukan hanya untuk instansi kepolisian saja, tetapi masyarakat juga berhak merayakannya, termasuk para pelajar tingkat SMP,” ungkapnya.

Dengan tema-tema itu, Untung berharap, para pelajar secara aktif bisa mencegah tindakan menyimpang berupa tawuran, mencegah berita hoaks, serta merepresentasikan polisi humanis.

“Nah, adanya lomba juga sedikit banyak memberikan edukasi tentang penggunaan media sosial yang bijak bagi para remaja,” kata dia.

BACA JUGA:Daftar Pemenang Lomba Penulisan Artikel Ilmiah dan Krenova Kota Magelang Terbaru 2024

Nantinya, juara lomba penulisan akan diumumkan Polres Magelang Kota pada 29 Juni 2024 mendatang.

“Kita juga akan memberikan hadiah kepada para pemenang bertepatan dengan HUT Bhayangkara nanti,” tandasnya. (wid)

Kategori :