Warga Desa Adipuro Kabupaten Magelang Enggan Blumbang Roto Dijadikan Destinasi Wisata, Ini Alasannya!

Senin 29-07-2024,17:20 WIB
Reporter : Heni Agusningtiyas
Editor : Nur Imron Rosadi

KALIANGKRIK, MAGELANGEKSPRES - Daerah tersembunyi yang baru-baru ini viral karena pemandangan alamnya yang menawan adalah Blumbang Roto yang berada di Dusun Prampelan II, Desa Adipuro Kecamatan Kaliangkrik.

Jalan menanjak serta pemandangan alam di sekitarnya bak magnet besar yang menarik pengunjung datang kesana.

Namun di balik itu semua, terdapat keluhan petani sekitar yang merasa terganggu dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Blumbang Roto.

BACA JUGA:3 Glamping Magelang Terbaik dan Viral Wajib Dikunjungi, Tawarkan Suasana Sejuk dan Pemandangan Super Indah

”Jalan itu sebetulnya adalah jalan usaha tani. Tidak ada niat untuk membuat tempat itu menjadi tempat wisata karena selain terjal, lebar jalan hanya 2,5 meter dan sangat menanjak, ketika berpapasan dengan petani pun ngeremnya juga kesulitan,” kata Kepala Desa Adipuro, Waluyo saat dihubungi, Minggu (28/7).

Menurutnya banyak petani yang mengeluhkan karena akses mereka membawa pupuk, hasil pertanian dan peralatan tani menjadi terhambat dan bahkan sering terhalang dengan kendaraan pengunjung yang diparkir di bahu jalan tersebut.

Bahkan tidak sedikit tanaman pertanian warga sekitar yang mengalami kerusakan akibat ulah pengunjung yang tidak bertanggungjawab.

”Untuk sementara ini akses ke Blumbang Roto memang sepakat kami tutup untuk pengunjung dan akan kami kembalikan menjadi jalan usaha tani. Jika pengunjung ingin menikmati wisata alam saya sarankan di tempat wisata yang sudah ada saja. Biar sama-sama enak,” lanjutnya.

BACA JUGA:5 Lagu Bertajuk Wisata Magelang! Menarik Didengarkan Semuanya Merdu dan Syahdu

Waluyo juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memviralkan Blumbang Roto. Namun menurutnya saat ini belum ada rencana untuk menjadikan tempat tersebut menjadi destinasi wisata melainkan akan tetap digunakan sebagai jalan usaha tani.

”Kedepan tentunya kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait hal ini. Namun sekali lagi kami mohon maaf, demi kebaikan bersama, saat ini jalan ke Blumbang Roto biarlah menjadi jalan usaha tani. Sehingga petani dari warga sekitar tidak merasa terganggu dalam bertani,” imbuhnya.

Waluyo berharap, pengunjung lebih dapat memanfaatkan potensi wisata di destinasi yang telah ada di Kecamatan Kaliangkrik, yang menurutnya juga memiliki pemandangan yang tidak kalah bagus dengan Blumbang Roto. (hen)

Kategori :