Wonosobo Raih 3 Penghargaan Proklim dari Kementerian LHK RI

Selasa 13-08-2024,18:50 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Malik Salman

Pada tahun 2024 ini, Kabupaten Wonosobo memperoleh apresiasi Proklim tertinggi, yaitu tropy Proklim Lestari yang diberikan kepada Proklim Dusun Welahan Desa Wonoroto Kecamatan Watumalang.

Juga tropy ProKlim Utama kepada ProKlim Dusun Krinjing Desa Krinjing Kecamatan Watumalang.

Sementara itu, Apresiasi Pembinaan ProKlim untuk ketiga kalinya juga diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar.

“Saya mengucapkan terimakasih atas bimbingan dan arahan Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati dan Pak Sekda atas upaya perlindungan lingkungan Kabupaten Wonosobo, khususnya pada fungsi konservasi pada DAS Hulu, yang menjadi indikator target capaian pembangunan lingkungan, diantaranya Proklim, atau program Kampung Iklim yg merupakan kawasan desa/kelurahan dan dusun yg terbiasa dalam kesehariannya beradaptasi, mitigasi terhadap lingkungan,” jelasnya.

Penghargaan Proklim ini diharapkan dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat untuk semakin peduli dan aktif dalam menjaga lingkungan.

BACA JUGA:30 Peserta Sinau Kopi Bersama Petani Dusun Butuh Grabag Magelang

Sehingga Wonosobo diakui sebagai salah satu daerah yang berhasil mengimplementasikan program berbasis lingkungan secara konsisten dan efektif dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap aspek pembangunan.

“Terimakasih untuk kolaborasi semua OPD dan penggerak lingkungan. Kita perlu bersama bertanggungjawab mewariskan bumi ini pada anak cucu kita dengan kondisi kualitas yang sama bahkan lebih baik. Salam lestari,” tutup Endang. (adv/gus)

Kategori :