Pemkab Magelang Percepat Digitalisasi Perumahan, Serahkan Bantuan RTLH

Kamis 29-08-2024,17:05 WIB
Reporter : Nur Imron Rosadi
Editor : Nur Imron Rosadi

MUNGKIDMAGELANGEKSPRES.COM – Memperingati Hari Perumahan Nasional ke-16, Pemerintah Kabupaten Magelang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan hunian layak.

Salah satu upaya konkretnya adalah dengan menyerahkan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 24 keluarga penerima manfaat.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto, di Pendopo Komplek Setda Kabupaten Magelang. Sepyo menekankan pentingnya digitalisasi dalam proses pengajuan bantuan perumahan.

BACA JUGA:Warga Ngadiharjo Borobudur Terima Bantuan Pengentasan RTLH

"Sekarang, semua permohonan bantuan perbaikan rumah sudah bisa dilakukan secara online. Ini sejalan dengan tema Hari Perumahan Nasional tahun ini, yaitu 'Digitalisasi Perumahan'. Dengan digitalisasi, prosesnya menjadi lebih transparan dan efisien," ujar Sepyo.

Lebih lanjut, Sepyo menjelaskan bahwa program perbaikan RTLH tidak hanya sekedar memperbaiki rumah, tetapi juga memiliki dampak yang lebih luas.

"Program ini sangat terkait dengan upaya pengentasan kemiskinan ekstrem dan penurunan stunting. Dengan rumah yang layak, masyarakat akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan lingkungan yang lebih sehat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Magelang, Kunta Hendradata, melaporkan bahwa selain bantuan RTLH, pada peringatan Hari Perumahan Nasional ini juga dilaksanakan berbagai kegiatan lainnya, seperti penyerahan bantuan sembako, bantuan sanitasi, dan bantuan untuk korban bencana.

BACA JUGA:Dinperkimtan Purworejo Menarget 768 Unit RTLH

"Kami berharap dengan berbagai kegiatan ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki rumah yang layak dan mendorong sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembangunan perumahan," pungkas Kunta. (imr)

Kategori :