Yessi Enggar, Wakil DIY Raih Gelar Putri Budaya Intelegensia PPBI 2024

Selasa 08-10-2024,17:58 WIB
Reporter : Wiwid Arif
Editor : Arief Setyoko

JOGJA, MAGELANGEKSPRES.COM -- Wakil DI Yogyakarta, Yessi Enggar Nuning Sawitri berhasil dinobatkan sebagai Putri Budaya Intelegensia di ajang nasional Putra Putri Budaya Indonesia (PPBI) 2024 yang digelar di Palu, Sulawesi Tengah, 2-6 Oktober 2024 lalu.

Ajang yang dilaksanakan di Negeri Seribu Megalit tersebut adalah kompetisi generasi muda yang mengatensikan terhadap pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan budaya Indonesia.

National Director Putra Putri Budaya Indonesia, Reko Serasi merasa bangga ajang tingkat nasional ini bisa terselenggara.

"Ajang ini menjadi kesempatan emas finalis untuk memperluas pengetahuan budaya serta memperkaya diri, dan menjalin relasi dengan sesama generasi muda se-Indonesia," katanya.

BACA JUGA:Mengenal Desti Putri Hardiati, Wisudawan Untidar Pertama dengan IPK 4.00

BACA JUGA:Penuh Haru, Seorang Ayah Gantikan Putrinya Diwisuda di Untidar Magelang

Di hari perdana, 2 Oktober 2024 lalu, pemateri pertama, Mehdiantara Datupalinge menekankan pentingnya pemahaman budaya dari setiap provinsi.

“Tanggung jawab Putra Putri Budaya Indonesia sangat berat, terutama dalam menjaga eksistensi dan esensi budaya,” imbuh Mehdiantara.

Iksam Seraalfamaik Djorimi, seorang arkeolog dan pengamat budaya Indonesia, juga menekankan signifikansi acara ini dalam mengeksplorasi potensi generasi muda sebagai penghubung antara masa lalu, masa kini, dan masa depan budaya Indonesia.

Ajang PPBI secara konsisten berperan sebagai platform yang signifikan dalam upaya pelestarian budaya, salah satunya melalui penerbitan buku budaya setiap tahun.

BACA JUGA:Kolaborasi Bersama Nanobank Syariah Seleksi Duta Smartfren Bagi Desa Terpilih di Selatan Jawa Tengah

BACA JUGA:Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Genre Kota Magelang

Di malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2024 yang dilaksanakan 4 Oktober 2024 lalu, peserta asal Provinsi DI Yogyakarta, Yessi Enggar, terpilih sebagai Top 12 dan Putri Intelegensia.

Yessi Enggar mengaku bangga atas pencapaian itu. Menurutnya, PPBI turut memberi wadah bagi generasi muda yang peduli terhadap budaya Indonesia.

“Ajang ini merupakan platform yang sangat positif untuk pemuda Indonesia,” ucapnya.

Kategori :