MUI Purworejo Gaspol! Percepat Sertifikasi Halal Produk Lokal, Jamin Kehalalan dan Tingkatkan Daya Saing

Rabu 16-10-2024,15:58 WIB
Reporter : Eko Sutopo
Editor : Nur Imron Rosadi

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Sertifikasi halal produk-produk makanan dan minuman di Purworejo membutuhkan percepatan.

Kondisi tersebut disikapi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Purworejo dengan menyusun rencana-rencana percepatan sertifikasi agar dapat memfasilitasi para produsen dan konsumen.

Hal itu menjadi salah satu fokus pertemuan yang digelar oleh MUI Kabupaten Purworejo bersama jajaran MUI se-Eks Karesidenan Kedu, di Pendopo RM ABK Purworejo, Selasa (15/10).

BACA JUGA:BiosfeRun Ajak Seribuan Pelari Jelajahi Menoreh

Hadir Pjs Bupati Purworejo Endi Faiz Effendi, Ketua Umum MUI Purworejo Ahmad Hamid, jajaran MUI Purworejo yang terdiri atas tokoh masyarakat seperti Muhammad Abdullah dan lainnya, serta sejumlah tamu undangan.

"Hari ini pertemuan para pimpinan MUI se-eks Karesidenan Kedu periode ketiga, yang hadir masing-masing kabupaten 9 orang, terdiri dari pengurus MUI 5 orang, 2 orang dari DMI (Dewan Masjid Indonesia), 2 orang dari LPQ," kata Ahmad Hamid pada sela-sela pertemuan.

Dalam pertemuan ini, lanjutnya, dilakukan pembahasan terkait percepatan sertifikasi halal dan menciptakan Pilkada damai.

"Penekanannya kali ini upaya menciptakan Pilkada aman dan damai, lalu percepatan sertifikat halal. Hari ini kita berusaha, seluruh produksi, baik penyembelihan maupun makanan dan minuman bisa mendapat sertifikat halal. Kasihan konsumen jika tidak terjamin kehalalannya, maka MUI berusaha maksimal," ungkapnya.

BACA JUGA:Sediakan Air Minum Paling Aman, Wonosobo Raih Juara Satu

Diungkapkan, produk yang sudah mendapat sertifikasi halal akan lebih laku di pasaran karena terjamin kehalalannya.

Halal atau tidak suatu produk bisa dilihat dari pencantuman logo halal dan nomor ID.

"Nanti kalau sudah jalan, kita lihat halal atau tidak, nanti dibuktikan dengan lambang (sertifikasi halal) dan nomor ID. Jadi kalau lambang saja itu meragukan, tapi jika ada ID bisa dipantau," ungkapnya.

Menurutnya, sertifikasi halal tersebut melibatkan berbagai pihak, instansi dan para ahli di bidangnya.

"Kita kerja sama, MUI dengan Kemenag dan Instansi terkait lain, ini untuk menanggulangi agar konsumen tidak makan barang haram," tandasnya.

Pjs Bupati Purworejo mengungkapan bahwa sertifikasi halal merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya bagi umat Islam, melainkan juga bagi masyarakat secara keseluruhan.

Kategori :