Forum Zakat Jateng Gelar Jambore IX di TKL Ecopark Kota Magelang

Sabtu 19-10-2024,11:07 WIB
Reporter : Heni Agusningtiyas
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Forum Zakat (FOZ) Jawa Tengah mengadakan Jambore IX yang dikuti lembaga amil zakat se-Jawa Tengah, Jumat-Sabtu (18-19/10) di TKL Eco Park Magelang. Sebanyak 80 peserta dari 22 lembaga amil zakat se Jateng  dengan tema Amil Hebat, Indonesia Gemilang.

Ketua Forum Amil Zakat Jawa Tengah, Sidiq Ansori mengatakan kegiatan Jambore IX ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk silaturahmi dan refreshing para amil yang kesehariannya disibukan dengan zakat.

“Kegiatan ini diadakan untuk membahas tata kelola dan tantangan-tantangan amil zakat. Selain itu juga membahas kredibilitas lembaga amil zakat,” katanya.

BACA JUGA:Tahun 2024, 1.616 Anak di Kabupaten Magelang Tidak Sekolah

Untuk menghadapi tantangan di masyarakat, FOZ mendorong amil zakat untuk berinovasi didukung dengan amil zakat didominasi generasi muda.

“Kebanyakan amil zakat ini masih muda-muda maka memiliki inovasi cukup bagus," ujarnya.

Dengan begitu, tambahnya, zakat tidak hanya sekadar paket konsumtif tetapi ide-ide kreatif lainnya dapat menarik masyarakat untuk mempercayakan zakatnya.

Kantor Kemenang Wilayah Jawa Tengah, yang diwakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Imam Buchori  mengapresiasi kegiatan Jambore Amil Zakat ke IX dan terus berlanjut di tahun mendatang.

BACA JUGA:Masih Nggantung, Alkap DPRD Kabupaten Magelang Tunggu Jawaban Pj Gubernur Jateng

“Kantor Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah akan mendorong supaya kita berjalan seiring bersama, sehingga program pemerintah berkaitan dengan pengentasan kemiskinan dan mungkin darurat atau bencana juga bisa transaksi dengan baik,” ucapnya.

Selain itu, menurut Imam, dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung standarisasi amil dan lembaga amil zakat pun bisa bersatu.

"Kemenang sebagai lembaga pemerintah mensupport lembaga amil zakat bisa bersinergi dengan Baznas sehingga dapat bersama-sama mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah. Sinergitas perlu dibagun antar lembaga amil zakat dan pemerintah, bisa seiring sejalan dengan program pemerintah," jelasnya.

BACA JUGA:Kebakaran Masjid Nurul Hidayah Jadi Perhatian Pjs Bupati Purworejo

Imam berharap dengan pertemuan amil se Jateng dapat meningkatkan sumber daya manusia dan saling sebar informasi.

“Kegiatan jambore ini sebagai motivasi, antar lembaga amil zakat bisa berkompetisi yang baik "Fastabiqul qoirot,” tandasnya. (hen/adv)

Kategori :