Ini Alasan Kuat Presiden Prabowo Bawa Menteri dan Kabinetnya ke Akmil Magelang

Senin 28-10-2024,14:40 WIB
Reporter : Haryas Prabawanti
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Presiden Prabowo Subianto mengungkap alasan retreat para menteri dan Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang selama tiga hari.

Presiden menyebut Magelang memiliki peran sejarah kental terhadap perlawanan para penjajah yang berlangsung ratusan tahun.

Oleh karena itu, Presiden Prabowo sengaja mengajak seluruh pimpinan di pemerintahan yang baru ini ke Lembah Tidar, julukan Akmil Magelang, untuk mengenang dan merenungi kembali perjuangan para pejuang Indonesia.

BACA JUGA:Menteri Prabowo Sukses Mendaki Gunung Tidar Hingga Puncak

Ia menjelaskan kepada para menteri bahwa Lembah Tidar adalah bagian dari suatu wilayah perjuangan panjang.

"Bahkan, perjuangan Magelang sudah dimulai sejak jaman Sultan Agung yang turut melintasi Magelang untuk menyerang Batavia serta perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah," kata Presiden Prabowo saat Gala Diner beserta jajarannya di Ruang Makan Husein Akmil Magelang, Jumat 25 Oktober 2024.

Menurut Presiden Prabowo, perjuangan tersebut dapat memantik semangat para menteri selama mengerjakan program kerjanya.

"Saya akan membawa para menteri untuk melihat tunas-tunas pemimpin bangsa. Untuk melihat semangatmu (taruna) dan disiplinmu, tunjukkan bahwa seorang prajurit itu siap berkorban jiwa dan raga untuk bangsa dan negara," kata Presiden Prabowo.

BACA JUGA:Begini Penampakan Tenda Mewah Menteri Prabowo di Akmil Magelang

Selain itu, ia juga mengimbau agar para menteri siap membela kepentingan rakyat Indonesia.

Pada Gala Diner tersebut, Presiden Prabowo dan para menteri juga dihibur sajian musik dari Akmil Magelang dengan beberapa lagu menarik.

Gala Diner juga terlihat diikuti sejumlah taruna yang sebelumnya juga mengisi kegiatan Parade Senja.

Tepat pukul 20.00 WIB, acara Gala Diner selesai, Presiden, Para Menteri dan jajarannya terlihat kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat.

BACA JUGA:Penuh Histeris, Pelajar di Kota Magelang Sambut Presiden RI Prabowo Subianto

Lalu pada Sabtu 26 Oktober 2024, Presiden dan Kabinet Merah Putih akan kembali mengikuti serangkaian kegiatan Retreat dan bertolak lagi ke Jakarta. (mg8)

Kategori :