Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Purworejo Berikan Apresiasi kepada Pemuda Berprestasi

Senin 28-10-2024,16:56 WIB
Reporter : Eko Sutopo
Editor : Nur Imron Rosadi

PURWOREJO,MAGELANGEKSPRES.COM - Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 Tahun 2024 tingkat Kabupaten Purworejo berlangsung khidmat di tengah cuaca pagi yang cukup terik, di halaman Kantor Bupati Purworejo, Senin (28/10).

Pjs Bupati Purworejo, Endi Faiz Effendi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyerahkan penghargaan kepada 25 pemuda yang terdiri dari lomba jambore pemuda 18 orang dan lomba pemuda pelopor 7 orang.

Pjs Bupati Purworejo saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan, Bulan Pemuda dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru.

BACA JUGA:Altet Berprestasi di Kabupaten Magelang Terima Hadiah Bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda

Bangsa Indonesia akan mewujudkan pembangunan jangka panjang 2045 yakni Indonesia Emas. Dengan kemajuan, kesejahteraan serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global.

Menurutnya, momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia, agar memberikan perhatian yang lebih besar untuk kepemudaan.

Menurutnya, pemuda sebagai subjek pembangunan dan pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor Pembangunan Nasional bahkan pada tingkat global.

"Pemuda Indonesia masih membutuhkan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam hingga potensi tersebut menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan," ungkapnya.

BACA JUGA:KPU Angkat Tema 'Tata Kelola Pemerintahan' di Debat Perdana Pilkada Purworejo

Lebih lanjut disampaikan bahwa kualitas kepemudaan pada tahun 2024 dalam Indeks Pembangunan Pemuda berada pada 56,33 persen, dengan rincian capaian domain pendidikan sebesar 70,00 persen, domain kesehatan dan kesejahteraan sebesar 65,00 persen, domain gender dan diskriminasi sebesar 53,33 persen.

Sementara itu domain lapangan dan kesempatan kerja sebesar 45,00 dan domain partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43,33 persen.

Sementara itu, ditemui setelah kegiatan, Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Dinporapar Kabupaten Purworejo, Eny Widiarti, menyebut ada 25 pemuda berprestasi penerima penghargaan.

BACA JUGA:Jembatan di Desa Kabunan Tegal Ambruk, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Bilang Begini

"Untuk semua juara 1 masing-masing mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp2 juta. Harapannya pemuda bisa berinovasi, berkreasi dan mengembangkan potensi serta bidang-bidang yang lain," katanya. (top)

Kategori :