Pengguna Kereta Api Bersubsidi Terus Meningkat, Daop 5 Purwokerto Layani 2,2 Juta Penumpang Sejak 2022

Pengguna Kereta Api Bersubsidi Terus Meningkat, Daop 5 Purwokerto Layani 2,2 Juta Penumpang Sejak 2022

KERETA API BERSUBSIDI. Sejumlah penumpang kereta api bersubsidi atau PSO naik dan turun di sejumlah stasiun di wilayah Daop 5, kemarin-EKO SUTOPO-PURWOREJO EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.ID - PT KAI wilayah Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto mencatat telah melayani 2.268.506 pelanggan tarif bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO) sejak tahun 2022 hingga 2025.

Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring dengan tingginya mobilitas masyarakat di wilayah Jawa Tengah bagian barat dan sekitarnya.

PSO adalah bentuk nyata dukungan pemerintah melalui DJKA Kemenhub dan KAI Group untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat luas. Ini bukan sekadar subsidi, tapi solusi konkret untuk keadilan akses transportasi,” kata Krisbiyantoro, Manager Humas Daop 5 Purwokerto, dalam siaran pers yang diterima Purworejo Ekspres pada Senin, 26 Mei 2025.

BACA JUGA:Imbauan KAI Daop 5 Purwokerto Usai Kecelakaan di Perlintasan Sebidang: Jangan Terobos Palang!

BACA JUGA:FGM Purworejo Gelar Jalan Sehat dan Senam Massal, Dorong Guru Muhammadiyah Jadi Teladan Hidup Sehat

BACA JUGA:Tragis, Nenek di Purworejo Ditemukan Meninggal Usai 5 Hari Hilang di Hutan Lereng Terjal

Dari data yang dimiliki Daop 5 diketahui bahwa jumlah pelanggan KA bersubsidi yang dilayani Daop 5 sejak tahun 2022 terus meningkat.

Ada sebanyak 498.411 pelanggan pada tahun 2022, 681.490 pelanggan tahun 2023, dan 805.277 pelanggan tahun 2024.

"Untuk tahun 2025, hingga bulan Mei ini tercatat sudah 283.328 pelanggan. Jadi total sejak 2022 sudah 2.268.506 pelanggan," sebutnya.

BACA JUGA:Penumpang Kereta Api di Daop 5 Naik 24 Persen, Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

BACA JUGA:Lonjakan Penumpang di Stasiun Kutoarjo Capai 41 Persen saat Libur Paskah, Kereta Api Masih Jadi Andalan

BACA JUGA:10 Bintara Asal Papua Selesaikan Magang di Polres Purworejo

Diungkapkan, pertumbuhan jumlah pelanggan bersubsidi ini tidak lepas dari peran strategis Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan sebagai penyusun kebijakan, pengawas layanan, serta pengalokasi anggaran PSO secara berkelanjutan.

“PSO harus dilihat sebagai investasi masa depan yang berkelanjutan. KAI berkomitmen terus bersinergi lintas sektor agar kereta api makin menjadi andalan, lebih aman, efisien, inklusif, dan ramah lingkungan,” ungkap Krisbiyantoro.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: purworejo ekspres

Berita Terkait