Workshop Instagram Businnes Mastery Munculkan Kreatifitas Berwirausaha
MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG - Pelatihan kewirausahaan di masa pandemi corona bisa dibilang penting. Seperti dalam Workshop Instagram Businnes Mastery yang diselenggarakan atas kerjasama Pemuda Muhammadiyah, LazisMu melalui program Bina Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Pembicara yang dihadirkan adalah Praktisi Bisnis Instagram, Masagung Munif. Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi mengatakan, sekolahnya memiliki visi sebagai sekolah pencetak wirausaha. Untuk mewujudkannya ada beberapa program dan kegiatan yang dilakukan. Termasuk salah satunya dengan kerjasama penyelenggaraan workshop kewirausahaan. Selain itu, selama ini juga ada program teaching factory yakni konsep pembelajaran berbasis produksi dan jasa meliputi usaha percetakan, pelatihan menjahit dan juga setiap hari Jumat ada kegiatan market day. \"Harapannya akan muncul kreatifitas berwirausaha khususnya dari kelompok generasi muda yang nantinya akan memiliki kontribusi bagi upaya mewujudkan kemandirian bangsa. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, pelatihan di Aula SMK Muhammadiyah 2 Muntilan dan dikuti 25 orang tersebut dilaksanakan dengan tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan,\" ucap Untung, Selasa (16/6/2020). Baca juga Truk Tabrak Pertamini di Margoyoso, Dua Nyawa Melayang Sementara, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Novi Setiaji Panuntun mengatakan, untuk mencapai hasil yang maksimal maka diperlukan kreatifitas dalam berwirausaha, diperlukan strategi yang tepat dalam mengelola dan menjalankan setiap aktifitas usaha. “Kreatifitas dalam bentuk kemampuan melakukan adaptasi dengan kemajuan zaman menjadi penting dan menentukan keberhasilan para pelaku usaha. Karenanya, strategi berwirausaha perlu menyesuaikan perkembangan teknologi informasi” kata Novi Setiaji Panuntun, saat membuka acara pelatihan kewirausahaan. Menurutnya, salah satu bukti kemajuan teknologi informasi adalah adanya media sosial yang saat ini telah menjadi sarana berkomunikasi sekaligus bersosialisasi diantara individu dan juga kelompok di masyarakat. Pelaku usaha perlu mengunakan media sosial sebagai salah satu sarana mengenalkan sekaligus memasarkan kegiatan atau produk usahanya. “Dengan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi maka komunikasi, publikasi sekaligus promosi bisa dengan mudah dilakukan dengan jangkauan yang luas, sehingga bisa efektif dan efisien,\" terang Novi.(cha)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: