Saka Wira Kartika Berkemah di Pantai Jatimalang Purworejo

Saka Wira Kartika Berkemah di Pantai Jatimalang Purworejo

BERKEMAH. Salah satu peserta saat mengikuti pelatihan mountenering yang menjadi salah satu kegiatan dalam kemah Saka Wira Kartika. (foto: lukman hakim/purworejo ekspres)-Saka Wira Kartika-Magelangekspres.com

PURWOREJO - Sebanyak 90 anggota Pramuka Penegak dari siswa-siswi sekolah menegah atas dan kejuruan (SMA/SMK) di wilayah Kabupaten Purworejo mengikuti kemah bakti Saka Wira Kartika Kodim 0708 Purworejo di pantai Dewa Ruci Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, kemarin. 

Kemah bakti ini dibuka secara langsung oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim dengan ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan dan pelepasan burung merpati dari paguyuban merpati pos seputar Purworejo. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, peserta akan dibekali dengan berbagi materi antara lain wawasan kebangsaan, bela negara, lima krida yang meliputi survival, navigasi darat, pionering, montenering dan penanggulangan bencana alam serta pembersihan objek wisata Pantai Dewa Ruci.

Menurut Dandim Letkol Inf Lukman Hakim kegiatan pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda agar memiliki kepribadian yang kuat bersemangat dan ulet.

Selain itu juga pantang menyerah, disiplin dan pekerja keras sehingga mampu menjadi generasi muda yang inovatif, kreatif dan kompetitif pada masa yang akan datang. 

"Kita dorong mereka untuk berorganisasi, bekerja sama, bergotong royong. Hal ini termasuk dalam nilai Pancasila yang dirumuskan para pendahulu kita. Juga dengan penanaman pohon para siswa di latihan untuk peduli terhadap lingkungan," ungkapnya. 

Lebih lanjut Dandim menambahkan gerakan pramuka selama ini dirasakan mampu membentuk pribadi yang santun melalui norma-norma sosial di mana bumi dipijak di situlah langit dijunjung, sehingga anak-anak mengerti dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Pramuka Saka Wira Kartika diharapkan mampu menjadi filter di tengah derasnya arus globalisasi yang memiliki potensi besar untuk merubah karakter anak bangsa," imbuhnya. 

Sementara itu Stephanus Aan Isa Nugroho selaku Kamabisaka di Saka Millenial sekaligus sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata memberikan apresiasi atas kegiatan kemah bakti Saka Wira Kartika yang diselenggarakan Kodim Purworejo. Hal ini menjadi momentum untuk generasi muda untuk menggaungkan cinta kepada NKRI, Kabupaten Purworejo dan lingkungan untuk masa mendatang. 

"Pemerintah daerah akan terus mendorong dan menggerakkan pramuka dengan menyediakan lahan untuk pusat latihan di wilayah Heroes Park," jelasnya. 

Stephanus Aan meyakini untuk kedepannya Saka Wira Kartika akan lebih baik karena memiliki keunggulan di bidang pendidikan karakter yang sangat baik serta kedisiplinan untuk para anggotanya.

"Semoga ke depanya Saka Wira Kartika akan menginspirasi dan memotifasi untuk sekolah yang lain di Kabupaten Purworejo," pungkasnya. (luk) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com