Produk UKM Unggulan Temanggung dan “Sigandul View” ada di Kebumen Internasional Expo (KIE) 2022

Produk UKM Unggulan Temanggung dan “Sigandul View” ada di Kebumen Internasional Expo (KIE) 2022

Stand milik Kabupaten Temanggung di Kebumen International Expo (KIE) 2022 cukup mampu menarik perhatian pengunjung yang datang. (Foto: rizal ifan chanaris)-Pemkab Temanggung-Pemkab Temanggung

KEBUMEN – Guna mengangkat sekaligus memperkenalkan berbagai produk UKM lokal unggulan di kancah internasional, Kabupaten Temanggung ikut serta ambil bagian di salah satu even bergengsi bernama Kebumen Internasional Expo (KIE) 2022 yang digelar mulai tanggal 25 Juni sampai 2 Juli 2022 mendatang di Alun-alun Kebumen.

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Temanggung, Edi Purnomo mengungkapkan, dengan berpartisipasi di ajang tersebut, diharapkan berbagai produk UKM lokal yang selama ini menjadi unggulan daerah mampu lebih dikenal di kancah nasional, regional, bahkan internasional.

Terdapat beberapa unggulan yang ditawarkan oleh Kabupaten Temanggung kepada para pengunjung yang datang. Antara lain produk destinasi wisata, kopi, tembakau, hingga sirup jahe yang tak lain berbahan baku sepenuhnya dari hasil bumi Temanggung.

“KIE ini adalah salah satu momentum yang harus kita gunakan secara maksimal untuk memperkenalkan berbagai produk UKM lokal yang sejauh ini menjadi unggulan Kabupaten Temanggung,” jelasnya, Sabtu (25/6/2022).

Ia merinci, untuk produk kopi yang dipamerkan terbagi atas dua jenis. Yakni Arabica milik AF Coffe Roastery yang dihasilkan dari lereng Gunung Sindoro, tepatnya Kecamatan Kledung. Sedangkan untuk jenis Robusta berasal dari Desa Gesing, Kecamatan Kandangan.

Kemudian ada juga Sirup Jahe merek “Sengat” produksi “Karya Manfaat” asal Desa Ngijingan Kecamatan Kedu. Lalu ada juga produk tembakau lintingan asal Kecamatan Kledung, hingga salah satu destinasi wisata di Temanggung yang tengah begitu hits bernama “Sigandul View” yang juga berada di Kecamatan Kledung.

Tempat wisata yang terbilang masih baru ini sangat terkenal mengingat keindahan alamnya yang sangat mempesona dengan latar belakang Gunung Kembar, Sindoro-Sumbing yang menjadi landmark Kabupaten Temanggung.

“Kita sebenarnya masih memiliki berbagai produk UKM dan pariwisata yang tak kalah berkualitas. Hanya saja, dalam ekspo kali ini hanya beberapa yang kami bawa. Harapannya, semakin dikenal semakin banyak pula peminat produk lokal Temanggung. Ujung-ujungnya tetap mendongkrak perekonomian daerah,” harapnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pemkab temanggung