Ribuan “Tukang Ledeng” se-Jateng Meriahkan Forga VII di Kota Magelang

Ribuan “Tukang Ledeng” se-Jateng Meriahkan Forga VII di Kota Magelang

Wakil Walikota Magelang KH M Mansyur memukul gong tanda dibukanya Forga VII Jawa Tengah di GOR Samapta Kota Magelang, Jumat (1/3). foto : wiwid arif/magelang ekspres--

MAGELANG – Sebanyak 750 atlet dari enam Koordinator Wilayah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Tengah mengikuti Forum Olahraga (Forga) VII 2022 di Kota Magelang yang berlangsung Jumat (1/7) hingga Minggu (3/7). Ajang olahraga para “tukang ledeng” ini diharapkan meningkatkan kesadaran berolahraga sekaligus mempererat persaudaraan antar-karyawan Perpamsi se-Jawa Tengah.

Upacara pembukaan Forga ke VII 2022 yang digelar di GOR Samapta kompleks Gelora Sanden, Magelang Utara, Kota Magelang, Jumat (1/7) berlangsung meriah. Hadir dalam acara tersebut, Bendahara Perpamsi Pusat Agus Subali, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, Forum Pimpinan Daerah, dan ratusan karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Magelang.

Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang, Mochamad Haryo Nugroho mengatakan, Forga ke VII sempat tertunda penyelenggaraannya lantaran pandemi Covid-19. Namun ketika kembali diadakan, antusiasme atlet dan karyawan Perpamsi untuk mengikutinya sangat tinggi.

Hal ini terlihat dari atlet dan pegiat olahraga yang terlibat mencapai 750 orang dari enam Koordinator Wilayah (Korwil) Perpamsi Jateng, meliputi Korwil Banyumas, Korwil Kedu, Korwil Semarang, Korwil Surakarta, Korwil Pati, dan Korwil Pekalongan.

“Selain atlet, ada juga official masing-masing cabang olahraga. Yang terbanyak adalah para suporternya. Setiap korwil ingin wakilnya mendapatkan suntikan semangat, sehingga banyak sekali mengajak serta para pendukung. Prediksi kami, ada sekitar 1.500 orang yang datang ke Kota Magelang selama tiga hari,” kata Haryo.

Ia mengatakan, Forga ke VII ini sarat berbeda dengan gelaran olahraga antarkaryawan perusahaan daerah air minum sebelumnya. Ada satu lomba khas unik, yang selama ini hanya digelar oleh Korwil Kedu yakni permainan pasang ledeng dan angkat pipa 10 inchi.

“Khusus permainan ini tadinya cuma diadakan ketika Korwil Kedu menggelar ajang olahraga. Tapi sekarang justru diadaptasi Perpamsi Jawa Tengah dan menjadi lomba pertama kalinya digelar setingkat Forga,” ujarnya.

Ia menuturkan, selain lomba permainan, ada sembilan cabang perlombaan yang digelar antara lain, bola voli putra/putri, tenis meja putra/putri, catur putra, tenis lapangan putra, defile campuran, tari kreasi campuran, sepakbola putra, lomba menyanyi, dan bulutangkis putra/putri.

Menurut Haryo, penyelenggaraan Forga 2022 merupakan implementasi dari misi menyehatkan dan mengasah keterampilan para tukang ledeng. Diharapkan, selain desain besar mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, Perumda Air Minum Kota Magelang ingin meningkatkan silaturahmi antarkaryawan Perpamsi dari berbagai daerah se-Jawa Tengah.

“Setelah lepas dari pandemi, di mana kita tidak bisa tatap muka, melakukan dialog pun hanya lewat virtual, sekarang ini kita lepas dari belenggu itu dan merayakannya dengan konsep olahraga yang menyehatkan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, alasan cabang olahraga permainan turut dilombakan, karena Perpamsi ingin pelayanan air minum di tingkat masyarakat se-Jawa Tengah mengalami perkembangan yang positif. Hal itu dapat diwujudkan dari keterampilan para tukang ledeng yang semakin meningkat.

“Kita bisa saling tukar teknik dengan adanya lomba permainan ini. Kalau sebelumnya, lomba permainan pasang ledeng hanya diikuti laki-laki, sekarang ada kategori putri. Antusias karyawan putri ini tidak kalah dengan laki-laki,” ucapnya.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyatakan kegiatan olahraga menggerakkan kembali geliat ekonomi di wilayahnya setelah sempat lesu akibat pandemi. Kedatangan peserta dari berbagai daerah tentu akan berpengaruh pada UMKM dan pariwisata di Kota Sejuta Bunga.

“Karena itu saya mengapresiasi, pokoknya jempol untuk Perumda Air Minum Kota Magelang. Pemerintah sedang menggarap serius acara-acara semacam ini agar bisa sukses dan menguntungkan bagi masyarakat kita,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: