Unimma Buka Program Studi Baru Teknik Mesin

Unimma Buka Program Studi Baru Teknik Mesin

Gedung Rektorat Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang Jl Mayjend Bambang Soegeng, Mertoyudan, Magelang(foto : dok/magelang ekspres)-UNIMMA-Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG – Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) resmi memiliki program studi (Prodi) baru. Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI nomor 479/E/O/2022, Prodi Teknik Mesin (TM) program sarjana ini mulai menerima mahasiswa di tahun ajaran 2022/2023.

Prodi TM dikelola oleh Fakultas Teknik sebagai Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Dengan adanya prodi baru, diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan dan masalah kompleks industri dan masyarakat dengan solusi saintifik dan rekayasa teknologi.

Tim Task Force Pendirian Prodi TM, Prof Muji Setiyo MT mengatakan, gagasan pendirian Prodi Teknik Mesin dimulai tahun 2020 lalu. Rencana itu juga masuk salah satu program rencana strategis (Renstra) Unimma 2020-2024.

”Prodi TM Unimma diusulkan pada 14 Oktober 2021 ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) RI. Kemudian prodi ini mendapatkan izin operasional pada tanggal 12 Juli 2022,” kata Prof Muji.

Lebih lanjut dijelaskan, profil lulusan Prodi Teknik Mesin Unimma secara umum adalah Sarjana Teknik yang mampu menganalisis dan mendesain sistem mekanika (mekanika, energi, material dan manufaktur). Selain itu juga berkontribusi dalam penyelesaian masalah rekayasa yang kompleks (complex engineering problems).

”Kemudian secara spesial khususnya, lulusan Prodi TM Unimma memiliki kompetensi sebagai engineer, akademisi, asisten peneliti, dan technopreneur,” jelasnya.

Rancangan kurikulum prodi TM Unimma sendiri terdiri dari 146 SKS, dengan proyek Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diletakkan pada semester 7 dan semester 8. Hal tersebut berfungsi untuk mendekatkan pembelajaran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sesuai dengan kebutuhan industri dan atau karir.

Saat ini, prodi TM Unimma dilengkapi dengan fasilitas laboratorium pendukung seperti Laboratorium Konversi Energi, Laboratorium Fenomena Dasar Mesin, Laboratorium Teknologi Otomotif, Laboratorium Bahan Bakar dan Pelumas, Laboratorium Komputasi dan Perancangan, serta Laboratorium Proses Produksi.

Muji berharap, target di tahun 2024, prodi TM Unimma meraih akreditasi Baik Sekali sebagai modal mendirikan S2 Teknik Mesin. “Tentunya itu semua untuk memberikan layanan sains dan pendidikan berkelanjutan,” katanya. (adv/wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com