Pemkab Purworejo dan Kebumen Sepakati Kerja Sama Wajib Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan

Pemkab Purworejo dan Kebumen Sepakati Kerja Sama Wajib Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan

TANDATANGAN. Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan Bupati Purworejo yang diwakili oleh Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH menandatangani kesepakatan bersama.(foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)-Pemkab Purworejo-Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Pemerintah Kabupaten Purworejo melaksanakan kesepakatan bersama tentang Kerja Sama Wajib Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan Bupati Purworejo yang diwakili oleh Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH bersama beberapa Bupati tetangga usai Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 393 di Alun-alun Prembun, kemarin.

Wabup Yuli Hastuti menerangkan, kesepakatan bersama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sesuai kewenangan penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah antara kedua kabupaten.

Adapun tujuan yang ingin dicapai di antaranya untuk mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah dan memanfaatkan dan memelihara sumber daya daerah secara optimal. Selain itu untuk mengantisipasi dan memecahkan permasalahan daerah secara terpadu dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja sama yang dilakukan tentunya tetap memperhatikan prinsip sinergi, saling menguntungkan, persamaan kedudukan, kesepakatan bersama, itikad baik, transparasi dan kepastian hukum kedua pihak.

“Objek kesepakatan bersama ini meliputi urusan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pendidikan, Kesehatan hingga bidang lain yang merupakan urusan pemerintahan di daerah,” terang Wabup. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com