Bawaslu Purworejo Ajak Camat Bersinergi Sukseskan Pemilu

Bawaslu Purworejo Ajak Camat Bersinergi Sukseskan Pemilu

RAKOR. Camat se Kabupaten Purworejo saat mengikuti Rakor persiapan pembentukan Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Purworejo. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bawaslu Kabupaten Purworejo menggelar rapat koordinasi dengan camat se-Kabupaten Purworejo, Kamis (15/9) di Ruang Sidang Nur Hadi.

Rakor tersebut digelar untuk meningkatkan sinergi antara Bawaslu dengan jajaran pemerintah tingkat kecamatan khususnya dalam rangka mempersiapkan pembentukan pengawas tingkat kecamatan.

Ketua Bawaslu Purworejo, Nur Kholiq mengungkapkan, konsolidasi dan koordinasi dengan para camat tersebut sangatlah penting bagi lembaga Bawaslu yang dalam waktu dekat ini akan memulai pembentukan pengawas tingkat kecamatan.

"Tentu dalam perjalanannya nanti, Panwascam akan membutuhkan fasilitasi dari pihak pemerintah kecamatan baik fasilitas tempat maupun sumber daya manusianya," katanya saat ditemui usai kegiatan Rakor di tempat kerja.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam rapat koordinasi tersebut pihaknya juga menegaskan bahwa camat memiliki peran strategis dalam mensukseskan perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024. Dikatakannya, sebagai pemangku wilayah di tingkat bawah, camat merupakan ujung tombak yang akan mengawal seluruh tahapan Pemilu baik sebelum maupun sesudah pemilihan.

"Secara teknis, jelas camat juga memiliki tanggung jawab untuk mengawal dan memastikan seluruh tahapan berjalan dengan baik. Secara non teknis, kepada para camat kami menitipkan jajaran kami di tingkat kecamatan nanti untuk turut membimbing agar tugas-tugas kepengawasan dapat dilakukan secara maksimal," tandasnya.

Pada bagian lain, Kholiq menginformasikan jika pendaftaran rekrutmen Panwascam dibuka selama 7 hari mulai 21-27 September 2022. Seleksi tersebut akan memilih tiga orang untuk menjabat sebagai anggota Panwaslu Kecamatan.

Tiga orang Panwaslu Kecamatan itu akan bertugas melakukan pengawasan di semua tahapan Pemilu 2024. Total anggota Panwaslu Kecamatan yang akan dipilih sebanyak 48 orang yang tersebar di 16 kecamatan se-Kabupaten Purworejo.

“Kami berharap putra-putri terbaik Purworejo bisa ikut berpartisipasi dalam seleksi tersebut demi mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024,” tandasnya. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com