Gunung Tidar Catat 220 Ribu Pengunjung, Pedagang Sekitar ‘Full Senyum’

Gunung Tidar Catat 220 Ribu Pengunjung, Pedagang Sekitar ‘Full Senyum’

FULL SENYUM. Para pedagang di sekitaran Gunung Tidar mendapat keuntungan berlebih, imbas naiknya tingkat kunjungan ke Pakuning Tanah Jawa itu.(foto : suma maulida/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

Pihak pengelola terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebun raya ini. Mereka menjelaskan 5 fungsi kebun raya yaitu konservasi, pendidikan, wisata, jasa lingkungan, dan penelitian.

Yhan menambahkan, selain ramai pengunjung berziarah dan wisata, saat ini kebun raya Gunung Tidar juga ramai didatangi para siswa yang melakukan kegiatan outing class, wisata sembari edukasi. Mereka dengan mudah memperoleh informasi terkait tanaman yang ada di kebun raya.

“Kami menyediakan papan informasi yang disertai barcode sehingga pengunjung dapat langsung terhubung ke website kebun raya,” tuturnya.

Selain itu, akhir-akhir ini juga digunakan untuk penelitian oleh para mahasiswa atau peneliti yang berkaitan dengan konservasi tanaman.

Naiknya pengunjung turut membawa berkah bagi para pedagang. Sumarni (47), salah satu pedagang makanan dan pakaian merasa mendapat keuntungan yang berlipat dibanding saat masa ganas pandemi Covid-19.

"Ya alhamdulillah laku meskipun terkadang ramai sekali kadang biasa. Kalau rame itu Sabtu Minggu bisa sampai Rp2 juta omsetnya," jelasnya.

Tak jauh beda, Samidah (55) pedagang di tempat yang sama juga merasa senang dengan kebijakan UPT yang hanya membolehkan warga sekitar kawasan wisata untuk berjualan.

"Kalau ginikan jadi membantu saya dan warga lain. Kami ada pemasukan setiap harinya," katanya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com