Festival Pasar Harmoni Jadikan UMKM di Borobudur Menjadi Lebih Berdaya

Festival Pasar Harmoni Jadikan UMKM di Borobudur Menjadi Lebih Berdaya

FESTIVAL. Kegiatan Festival Pasar Harmoni merupakan bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2022, digelar di pelataran Candi Pawon.(foto : Chandra Yoga Kusuma/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan mengambil lokasi di pelataran Candi Pawon, Festival Pasar Harmoni digelar. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2022.

Festival Pasar Harmoni, diikuti 22 UMKM yang tergabung dalam kelompok Pawone, terdiri atas 13 UMKM kuliner dan sembilan UMKM.

Festival Pasar Harmoni yang digelar di Candi Pawon, Sabtu (5/11/2022), menjadi malam apresiasi atau inagurasi untuk para pelaku UMKM dalam kelompok Pawone tersebut. Mereka merupakan pelaku UMKM dari Kabupaten dan Kota Magelang.

Borobudur Marathon akan memanggungkan Magelang melalui 13 kuliner dan sembilan kriya khas lokal yang tergabung dalam kelompok Pawone untuk menyambut pelari dari berbagai kota di Indonesia.

"Borobudur Marathon telah menjadi ajang ikonik di Jawa Tengah dan salah satu penyelenggaraan maraton paling bergengsi di Tanah Air," ucap salah satu panitia Borobudur Marathon, Vina, di sela pembukaan Pasar Harmoni Pawone di Candi Pawon Borobudur, Sabtu (5/11/2022) malam.

Menurut Vina, mereka yang tampil dalam Pasar Harmoni ini sudah dikurasi oleh panitia. Panitia melibatkan chef dari berbagai hotel terkenal di wilayah Borobudur, seperti Hotel Pelataran maupun Villa Borobudur.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein mengatakan, selaku pemerintah daerah pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Karena event ini mampu menaikkan kembali sektor perekonomian dan pariwisata. Pihaknya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara, yang sudah menginisiasi Pasar Harmoni di Candi Pawon ini. Ia menyatakan, kegiatan ini sudah pasti mengangkat kuliner dan kriya dari Kabupaten Magelang.

"Saya lihat produk  yang ditampilkan di Pasar Harmoni ini layak dijual di kalangan apapun. Meski produk lokal namun disuguhkan dengan cara yang berbeda sehingga bisa menjadi nilai tambah dan diterima dari kalangan manapun," ucapnya.

Kreatifitas semacam itu, imbuh Husein, sangat dibutuhkan untuk memulihkan kembali perekonomian pasca pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Vice General Manager Event Kompas, Budhi Sarwiadi menambahkan, Borobudur Marathon tahun ini menghadirkan sesuatu yang berbeda dibanding tahun sebelumnya. Berkaitan dengan ekonomi masyarakat sekitar Borobudur, tahun ini  pihaknya merekrut 22 UMKM yang tergabung dalam Pawone.

"Kita berharap ini menjadi ekosistem bahwa UMKM di sekitar Borobudur Magelang menjadi lebih berdaya," terang Budhi Sarwiadi.

Selain itu, Pawone tidak sekedar bertransaksi namun sebagai ajang promosi bahwa Magelang ada UMKM  yang telah dibawa di empat kota, Semarang, Jakarta, Medan dan Makasar.

"Kita berharap UMKM variasinya lebih komplit," harap Budhi Sarwiadi. (cha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com