Pembangunan Pasar Kranggan Temanggung Kembali Diusulkan, Tahun Lalu Terkendala Covid-19

Pembangunan Pasar Kranggan Temanggung Kembali Diusulkan, Tahun Lalu Terkendala Covid-19

TRANSAKSI. Pedagang dan pembeli sedang melakukan transaksi jual beli sayuran di Pasar Kranggan Temanggung. (Foto: Setyo Wuwuh/Temanggung Ekspres)--magelang ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Temanggung akan kembali mengusulkan pembangunan Pasar Kranggan, setelah batal dibangun pada tahun 2020 lalu lantaran pandemi Covid-19.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan rencana pembangunan pasar Kranggan sebelumnya sudah disetujui oleh pemerintah pusat, bahkan sudah dianganggarkan sebesar Rp30 miliar.

"Di tahun 2020 pemerintah pusat sudah menyetujui pembangunan Pasar Kranggan, anggaran juga sudah disiapkan," katanya, kemarin.

Namun kata Bupati, lantaran di tahun 2020 terjadi bencana berupa pandemi Covid-19, sehingga pembangunan pasar tersebut dibatalkan.

"Ada refocusing anggaran yang dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19," terangnya.

Padahal kata Bupati, Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menyiapkan segala kebutuhan untuk rencana pembangunan pasar tersebut, termasuk menyediakan anggaran untuk pembangunan pasar darurat dan anggaran untuk relokasi pedagang.

"Sebenarnya saat itu sudah siap semua, anggaran untuk pembangunan pasar darurat juga sudah disiapkan. Selain itu rencana relokasi dan anggaran perpindahan pedagang dari pasar lama ke pasar darurat juga sudah disiapkan," terangnya.

Kemudian lanjutnya, di tahun 2021 rencana pembangunan pasar tradisional tersebut belum bisa kembali diajukan, sebab di tahun tersebut pandemi juga belum berakhir.

Saat ini kata Bupati, pihaknya akan kembali mengajukan pembangunan pasar Kranggan, semua dokumen untuk pengajuan pembangunan juga sudah komplit.

"Detail Engineering Design (DED) sudah siap, masterplan juga sudah ada, pokoknya kebutuhan dokumen dan segala kebutuhan sudah disipakan, kami akan kembali mengusulkan pembangunan pasar Kranggan," tutupnya.

Dinar salah satu pedagang di pasar setempat menuturkan, rencana pembangunan Pasar Kranggan sudah didegar sejak beberapa tahun lalu, namun sampai sekarang belum ada realisasinya.

Padahal, tidak sedikit pedagang di pasar tersebut yang sudah menginginkan pasar tersebut dibangun kembali, sehingga bangunan pasar bisa lebih nyaman dan aman untuk pedagang dan pengunjung.

"Sekarang memang masih bagus, tapi agar lebih menarik minat pengunjung jika pasar ini dibangun kembali," harapnya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com