Banjir di Tegal Lumpuhkan Jalur Utama Tegal-Purwokerto, Rendam 230 Rumah Warga

Banjir di Tegal Lumpuhkan Jalur Utama Tegal-Purwokerto, Rendam 230 Rumah Warga

Banjir kembali melanda sebagian wilayah Kabupaten Tegal Sabtu 19 November 2022. Foto istimewa.--

TEGAL, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Banjir kembali melanda sebagian wilayah Kabupaten Tegal Sabtu 19 November 2022. Sedikitnya 230 rumah warga di 7 RT di Desa Prupuk Utara Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal terendam banjir akibat meluapnya aliran Sungai Pemali. Banjir kali ini disebut yang terparah sejak 10 tahun terakhir.

Kepala Desa Prupuk Utara, Sri Lastari Katur Daryanti mengatakan banjir mulai menggenangi ratusan rumah warganya, usai wilayah Prupuk Utara diguyur hujan deras sejak pukul 18.00-23.00 WIB. Tidak hanya pemukiman, limpasan air Sungai Pemali dan Sungai Mulih juga menggenangi ruas jalur utama Tegal-Purwokerto. Disebutkan, dari 7 RT di Pripuk Utara, wilayah di RT 4, 5, dan 6 menjadi lokasi yang paling parah. "Rendaman air di 124 rumah warga di ketiga wilayah itu, ketinggiannya bahkan mencapai 2 meter, " terang Sri Lastari. 

Akibat limpasan air Sungai Pemali, lanjutnya, menyebabkan rendaman air di Underpass Pesurupan. Rendaman air yang mencapai lebih dari 2 meter menyebabkan underpass tidak bisa dilintasi kendaraan. Jalur utama Tegal-Purwokerto pun lumpuh, karena kendaraan besar dan kecil dari dua arah tertahan. Hingga Sabtu 19 November 2022, jalur tengah itu masih belum bisa dilewati. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: