Siap-siap Libur Nataru, Taman Kyai Langgeng Magelang Bakal Luncurkan Wahana Baru

Siap-siap Libur Nataru, Taman Kyai Langgeng Magelang Bakal Luncurkan Wahana Baru

SEPI. Suasana TKL Ecopark masih sepi pengunjung, terutama pada weekdays atau hari biasa. foto: ika zahara/magelang ekspres--

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Jelang libur Natal dan tahun baru 2023 objek wisata Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark Magelang mempersiapakan wahana dan fasilitas baru. Terobosan ini dilakukan agar untuk menggenjot tingkat kunjungan ke taman wisata terbesar di Kota Magelang selama libur panjang.

Direktur Utama TKL Ecopark, Arif Taat Ujiyanto mengatakan bahwa sejauh ini jumlah pengunjung masih belum stabil dan berbeda jauh saat sebelum pandemi. 

"Libur Natal dan tahun baru nanti semoga menjadi awal yang baik untuk kembali seperti dahulu, karena saat ini kita sedang mempersiapkan, terutama akan ada wajah baru tepat kawasan depan TKL Ecopark. Jadi tunggu saja,” kata Arif Taat, Sabtu, 26 November 2022.

Ia menjelaskan, tingkat kunjungan sepanjang tahun 2022 belum pulih sepenuhnya. Angka normal terjadi mulai bulan Juli 2022 lalu.

“Jadi sebelum Juli itu tingkat kunjungan masih sangat sedikit. Mulai Juli, baru bertambah,” jelasnya.

Lalu memasuki bulan Agustus hingga Oktober tren kunjungan TKL Ecopark justru menurun lagi hingga 50 persen dari bulan sebelumnya. 

Arif mengakui, bulan Agustus sektor pariwisata memang sedang dalam masa fluktuasi. Tak hanya di TKL saja namun tempat wisata yang lain juga merasakan hal yang serupa. 

"Di bulan Agustus hingga Oktober analisa dari kita di setiap daerah sedang mengadakan acara sendiri ya seperti perayaan HUT Kemerdekaan RI lalu di bulan itu juga anak-anak sekolah sedang disibukkan untuk persiapan tes, di tempat wisata lain juga sama. Bulan November ini sudah kelihatan kenaikan pengunjung di TKL Ecopark," imbuhnya.

Pihaknya terus berupaya menarik kembali perhatian masyarakat untuk datang TKL Ecopark. Termasuk memberikan suguhan kejutan bagi pengunjung di momen libur Natal dan tahun baru nanti.

Masih dalam rencana, di akhir tahun nanti akan ada perayaan tahun baru seperti hiburan live musik dan kesenian tradisional. Di satu sisi, TKL Ecopark juga menerapkan tuslah sebesar Rp5 ribu saat momen Natal dan tahun baru.

“Tiket masuk TKL Ecopark akan naik menjadi Rp35.000 yang biasanya hanya Rp30.000 di akhir pekan,” ujarnya.

Arif menambahkan, pada libur akhir tahun nanti TKL Ecopark akan mengenalkan Kepodang Building, Ecopark Tower, dan Mahon River View. Hingga saat ini, persiapan pembangunan ketiga wahana baru itu sudah mencapai 60 persen.

“Pembangunan akan kita usahakan supaya di akhir tahun dapat terselesaikan. Sampai saat ini terus kita dorong dalam upaya memeriahkan akhir tahun supaya sektor wisata kembali ramai," katanya. (mg1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres