Wajib Mampir! PRGS Bertabur Penampilan Setiap Minggunya

Wajib Mampir! PRGS Bertabur Penampilan Setiap Minggunya

RAMAI. Suasana PRGS setiap pekannya selalu menciptakan suasana baru, untuk memantik tingkat kunjungan peserta olahraga pagi di kawasan Sport Center Kota Magelang tersebut.(foto : larasati setya putri/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pasar Rakyat Gelora Sanden (PRGS) yang rutin diselenggarakan setiap hari Minggu di kawasan Sport Center Gelora Sanden selalu menyuguhkan berbagai penampilan yang menarik.

Pada Minggu, 4 Desember 2022 lalu, PRGS menyajikan beraneka ragam pertunjukan kesenian daerah. Ada tari gedruk, jathilan, grasak, dan penampilan musik beraliran dangdut koplo.

Koordinator PRGS, Asef Farid Amani, mengatakan, kehadiran para penampil merupakan strategi agar Sunday Morning (Sunmor) di daerah Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang itu mulai dikenal dan ramai dikunjungi.

“PRGS ini kan terbilang baru, jadi kami terus genjot promosi biar penghunjung juga banyak,” ungkap Asef kepada wartawan.

Dirinya menambahkan, penampilan khas kesenian rakyat tersebut dimeriahkan oleh tari Gedruk dari Laras Manunggal Kedungsari, tari Jathilan dari Turonggo Sakti dari Sanden, tari Grasak Gemblung dari Sanggar Pogangan.

“Selain itu, ada tari Jaranan dari Kridho Turonggo Panjangan dan Band Ambyaran dari NE Musik Magelang,” kata Asef.

Asef menyebutkan, PRGS sendiri telah menampung kurang lebih 150 pedagang dan UMKM yang berjualan berbagai macam makanan, minuman, dan jenis produk lainnya.

“Sebetulnya ini sebagai bentuk pembagian keramaian biar CDF tidak berpusat di satu titik saja tetapi bisa di beberapa lokasi. Tentu, hal ini bisa membantu pemerataan ekonomi para pedagang,” sebut Asef.

Melalui beberapa ide kreatif yang terus digarap oleh tim PRGS, pihaknya berharap dapat memberikan tontonan yang menarik untuk menemani para pengunjung menghabiskan waktu luang di hari Minggu.

“Kesenian tradisional kan wujud melestarikan budaya jawa, semoga kedepannya PRGS bisa menampilkan pentas yang lebih variatif,” imbuhnya.

Salah satu pedagang PRGS, Nanang (45), mengungkapkan rasa terima kasih karena turut terbantu penjualan dagangannya.

“Senang sekali, dengan hadirnya pengisi acara jadi PRGS banyak pengunjungnya, para pedagang jadi terbantu karena dagangannya dibeli,” ujar penjual dawet tersebut.

Ia berharap, nantinya PRGS bisa semakin dikenal luas dan menjadi referensi tempat wisata kuliner keluarga di hari Minggu.

“Semoga minggu-minggu selanjutnya, tetap ada kegiatan menarik lagi. Terima kasih kepada tim PRGS yang sudah setia mengusahakan yang terbaik untuk para pedagang,” ucap Nanang. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com