Lewat Kuliah Umum, Dahlan Iskan Ajak Mahasiswa Untidar Belajar Manajemen Kepemimpinan

Lewat Kuliah Umum, Dahlan Iskan Ajak Mahasiswa Untidar Belajar Manajemen Kepemimpinan

Mantan Menteri BUMN sekaligus CEO disway.id, Dahlan Iskan saat berinteraksi dengan mahasiswa peserta kuliah umum di gedung auditorium dr. HR. Suparsono, Universitas Tidar, Sabtu, 10 Desember 2022.(Foto : huniwejang/magelangekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES.DISWAY.ID - Sekitar 100 orang mahasiswa Bidikmisi dan Kewirausahaan Universitas Tidar (Untidar) mengikuti kuliah umum bersama mantan Menteri BUMN sekaligus CEO disway.id, Dahlan Iskan bertemakan "Tantangan Generasi Milenial di Era Globalisasi" di Auditorium dr. HR. Suparsono Untidar, Sabtu, 10 Desember 2022.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan Iskan mengaku senang dapat hadir kembali di Universitas Tidar untuk yang kedua kalinya dalam memberikan kuliah umum bagi mahasiswa.

Dalam pembawaannya, Dahlan Iskan tidak semata-mata menjadi pembicara melainkan interaksi dua arah dengan mahasiswa sehingga peserta yang hadir tidak merasa bosan dengan melontarkan pertanyaan terkait ucapan-ucapan yang tidak kongkrit sebagai seorang calon pemimpin.

"Sebagai seorang calon pemimpin, ucapan itu harus konkret. Jawab dengan pasti, jangan takut salah. Semisal kalian ditanya berapa jumlah peserta seminar, jangan hanya jawab banyak, tetapi jawab dengan angka. Saya rasa peserta seminar saat ini sekitar 60an orang, meski nantinya salah tidak apa-apa, yang penting jawaban pasti," ucapnya.

Menurutnya, tidak ada negara miskin dan kaya, yang ada adalah negara dengan manajemen baik dan negara dengan manajemen tidak baik.

"Jadi kita itu harus punya pemikiran teknik. Pemikiran teknik di sini diartikan pemikiran yang menggunakan logika akal sehat, jadi bukan berarti orang sosial tidak bisa berpikiran teknik. Sebagai contoh, Singapura itu tidak kaya, lebih kaya Indonesia, tapi kenapa Singapura bisa jadi negara maju, karna manajemen dan pemikirannya individunya baik," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor 3 Universitas Tidar, Prof Dr Sugiyarto menuturkan kehadiran Dahlan Iskan pada kuliah umum hari ini dapat memberikan inspirasi bagi para mahasiswa untuk tidak takut dalam hal berinovasi, berkreasi, dan berpikir kreatif.

"Saya rasa hadirnya Pak Dahlan Iskan dalam kesempatan ini bisa dijadikan motivasi bagi para mahasiswa, tentang bagaimana perjalanan seorang Dahlan Iskan mulai dari Mantan Mentri BUMN, Mantan dirut PLN, hingga saat ini sebagai CEO disway.id, dengan dimulai dari tidak takut bermimpi," ungkapnya.

Di sesi akhir acara, tak lupa Dahlan Iskan juga membagikan 10 buah bingkisan berisi sepatu 'DI 19' pada para mahasiswa sebagai bentuk apresiasi keaktifan menjawab dan mengajukan pertanyaan. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com