113 Dewan Penggalang Garuda Gudep Dilantik Ketua Kwarcab Kabupaten Purworejo

113 Dewan Penggalang Garuda Gudep Dilantik Ketua Kwarcab Kabupaten Purworejo

LANTIK. Ketua Kwarcab Kabupaten Purworejo saat melantik anggota Dewan Penggalang Garuda. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 113 Dewan Penggalang Garuda dari 15 Gugus Depan dilantik oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Purworejo, akhir pekan lalu di Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka Kwarartir Cabang Purworejo.

Iwan Khusni Surahman SPd, selaku ketua panitia penyelenggara dalam siaran persnya menyampaikan, 113 Dewan Penggalang Garuda terdiri dari 43 anggota putra dan 70 anggota putri yang berasal dari 15 gugus depan di Kabupaten Purworejo.

Dijelaskan juga, sebelum sampai prosesi pelantikan, para Dewan Penggalang ini menjalankan proses yang cukup panjang, yakni dimulai dari ujian SKU di gugus depan, ujian SKK, hingga penilaian pramuka di tingkat kwarartir ranting.

"Untuk penilaiannya sesuai dengan surat keputusan nomor 038 tahun 2017, itu boleh kwarartir ranting mengadakan penilaian sedangkan yang melantik dari cabang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Purworejo Drs H Pram Prasetya Ahmad, MM, Mengucapkan apresiasi penuh kepada 113 Dewan Penggalang Garuda yang baru saja dikukuhkan dan juga kepada segenap pembina yang telah membimbing perwakilannya dari masing-masing gugus depan hingga menjadi pribadi yang baik.

Ia pun berpesan, kepada segenap Dewan Penggalang Garuda, bahwa setelah dilantik terdapat tugas baru yakni seperti yang ada di syarat-syarat pramuka dan bercermin kepada makna Garuda itu sendiri.

Dijelaskan makna Garuda mengandung makna cinta tanah air, makna kebangsaan, makna sejarah, makna keberanian dan kemandirian.
Selain itu, harapannya yakni untuk menjadi pribadi yang baik dalam diri sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan dan mampu memberi contoh.

"Sehingga tugas mereka ketika kembali ke gugus depan mereka harus bisa memberi contoh dan menjadi motivator untuk temannya yang lain serta adik-adiknya," pungkasnya. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com