3 Wisata Embung di Temanggung ini Tawarkan Spot Foto Cantik, Ada Embung Kledung Lho!

3 Wisata Embung di Temanggung ini Tawarkan Spot Foto Cantik, Ada Embung Kledung Lho!

--

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID-Sebagai salah satu daerah pegunungan yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Temanggung mempunyai banyak destinasi wisata dengan mengandalkan keindahan panorama alam pegunungan. Bagi pencinta wisata alam sembari menyalurkan hoby spot foto, Temanggung menawarkan spot-spot foto cantik yang layak untuk dikunjungi. Sayang kalau melewatkan kesempatan tersebut.

Tiga wisata embung yakni Embung Kledung, Embung Bansari dan Embung Tlogopucang bisa menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati panorama keindahan alam ciptaan Allah SWT yang sangat luar biasa.


--

Embung Kledung maupun Embung Bansari merupakan sebuah bak penampungan air hujan yang difungsikan sebagai cadangan air untuk perkebunan di sekitar kawasan tersebut. Namun dua embung tersebut kini telah berkembang menjadi objek wisata yang sangat menarik. Terlebih Pemkab Temanggung terus menambah fasilitas penunjang sehingga benar-benar menjadi destinasi wisata unggulan.

Temanggung memiliki 3 wisata embung unggulan yang menjadi pilihan untuk mengisi liburan. Di Embung Kledung, Embung Bansari dan Embung Tlogopucang, wisatawan bisa menikmati keindahan embung dengan latar Gunung Sindoro dan Sumbing yang eksotik. Ditambah lagi dengan adanya perkebunanan milik penduduk di sekitar lokasi wisata akan membuat wisatawan semakin betah berlama-lama berada di tempat itu.

Bila cuaca cerah dan mendukung, keindahan Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Gunung Ungaran bisa dinikmati dari lokasi tersebut. Tentu bagi penghoby fotografi, spot-spot yang ditawarkan jangan sampai terlewatkan.

Akses menuju Embung Kledung sangat mudah. Jaraknya dari pusat Kabupaten Temanggung adalah sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit.

Embung Kledung buka 24 jam. Namun ada dua jenis jam buka, yakni untuk wisata biasa (non-camping) dan untuk camping. Untuk kunjungan wisata di Embung Kledung tanpa camping, maka jam bukanya adalah pukul 05.30 WIB sampai 18.00 WIB. Harga tiket masuk untuk non-camping juga berbeda dan lebih murah, yakni hanya Rp 7.000 per orang. Bagi yang ingin camping tersedia lokasi yang cukup aman dan nyaman.

Sedang Embung Bansari berada di Desa Bansari, Kecamatan Bansari. Embung yang dibangun di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (MDPL) persis berada di lereng Gunung Sindoro diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Sepanjang perjalanan menuju Embung Bansari ini disuguhi pemandangan yang menawan. Baik di kanan maupun kiri jalan berupa lahan pertanian yang ditanami tembakau. Embung Bansari buka 24 jam. Untuk tiket masuk di Embung Bansari sebesar Rp 5 ribu. Bagi yang ingin camping tersedia lokasi yang aman dengan tenda-tenda yang nyaman.


Akses menuju Embung Tlogopucang sangat mudah.  Objek wisata ini buka 24 jam. Harga tiket masuk cukup membayar tiket masuk hanya Rp.3.000. Sedang tiket parkir kendaraan yaitu Rp2.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp5.000. Setiap hari Minggu dan liburan selalu ramai pengunjung, baik perorangan, keluarga maupun rombongan, tak hanya dari Temanggung tapi juga dari luar daerah. (*)


--


Lokasi Embung Kledung Temanggung

Alamat embung kledung adalah di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Meski tidak berada persis di pinggir jalan, keberadaan Embung Temanggung hits ini mudah dijangkau.

Jalan Menuju Embung Kledung Temanggung
Jika anda dari magelang, ambilah jalur magelang wonosobo via secang. Ikuti jalur tersebut hingga sampai ke perbatasan kledung perbatasan wonosobo – temanggung.

Di perbatasan tersebut terdapat pom bensin, setelah pom bensin terdapat kuburan. Sebelum kuburan terdapat jalan setapak, di kanan jalan.
jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju embung kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan, sehingga anda harus sedikit berhati-hati ketika melewatinya.

jarak dari gang masuk hingga lokasi embung kledung sekitar 500 meter.
Untuk rute embung kledung dari wonosobo pun tidak berbeda. Pertama anda ambil jalur wonosobo temanggung via kretek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com