Expo Akhir Tahun SD Kemirirejo 3 Kota Magelang Menumbuhkan Kreativitas Siswa

Expo Akhir Tahun SD Kemirirejo 3 Kota Magelang Menumbuhkan Kreativitas Siswa

EAT. Kegiatan akhir tahun dari SDN Kemirirejo 3 Kota Magelang menampilkan kreasi peserta didiknya, Jumat, 16 Desember 2022.(foto : ika zahara/magelang ekspres)--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Dalam rangka menggali dan memfasilitasi bakat siswa-siswinya, SDN Kemirirejo 3 Kota Magelang bersama Paguyuban Orangtua Murid (POM) dan komite sekolah menggelar Expo Akhir Tahun (EAT) di halaman sekolah setempat, Jumat, 16 Desember 2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Imam Baihaqi saat membuka acara itu turut memberi motivasi kepada seluruh peserta didik.

Menurut dia, jalan menuju kesuksesan tidaklah hanya menjadi seorang PNS maupun pejabat saja, tetapi yang terpenting adaah mampu menggali dan mengoptimalkan segala potensi yang ada dalam diri.

”Anak-anak saat ini yang terpenting adalah usaha kalian dalam belajar dan jangan memfokuskan cita-cita hanya untuk menjadi PNS saja, tetapi keluarkan bakat yang ada dalam diri kita bisa menjadi wirausaha, bisa dari seni. Saat ini peluang untuk PNS semakin kecil, dan peluang yang besar adalah wirausaha," kata Imam.

Sementara itu, Kepala SDN Kemirirejo 3, Sri Haryati mengatakan kegiatan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan. Ia pun mengaku bersyukur, sebab meski persiapannya sangat mepet, tapi acara ini dapat berjalan dengan baik.

"Kegiatan ini rencana kita laksanakan satu tahun sekali, rutin. Harapannya, melalui kegiatan ini dapat menggali dan memfasilitasi bakat dan potensi seluruh siswa,” ujarnya.

Dalam acara tersebut turut ditampilkan berbagai kreasi dan seni siswa. Dia ingin mengenalkan bahwa siswa SDN Kemirirejo cukup sering melahirkan prestasi-prestasi yang membanggakan.

“Tidak cuma prestasi di bidan nonakademik, karena terbaru, salah satu siswa kami meraih medali emas Olimpiade Matematika tingkat Nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut Sri Haryati membeberkan, Expo Akhir Tahun ini menampilkan gelaran karya siswa, pentas seni, pojok prestasi, hingga 12 pasar UMKM yang diinisiasi POM bersama siswa.

Komite SDN Kemirirejo 3, Hartadi Damardani mengungkapkan melalui kegiatan EAT ini siswa dapat mengimplementasikan diri dari proses pembelajaran di kelas sekaligus mampu mengekspresikan bakat mereka.

"Proyek dari Kurikulum Merdeka ini akan lebih baik jika dilaksanakan secara rutin. Saya sangat mendukung kegiatan ini karena dapat memperkuat silaturahmi antar wali murid dengan guru, apalagi ada UMKM dari wali murid," jelas Hartadi.

Terlihat antusias para siswa dan wali murid mengikuti kegiatan EAT, yang sedari pagi sudah memenuhi halaman SDN Kemirirejo 3. Salah satu wali murid, Asti (34) mengaku senang bisa menyaksikan aksi para siswa, setelah hampir tiga tahun tidak ada acara semacam ini akibat pandemi Covid-19.

"Baru kali ini ada kegiatan yang cukup besar menurut saya, walaupun persiapan kita (POM) cuma tiga hari dan tadi pagi juga hujan tetapi keseluruhan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Semoga kegiatan selanjutnya lebih baik dengan persiapan yang lebih matang," papar Asti. (mg1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com