Amankan Nataru, Polres Wonosobo Dirikan Pospam di 5 Titik Rawan

Amankan Nataru, Polres Wonosobo Dirikan Pospam di 5 Titik Rawan

Caption- Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES. DISWAY.ID- Pemkab Wonosobo bersama dengan pihak kepolisian dan instansi terkait mendirikan 5 pospam dan posyan untuk mengamankan natal dan tahun baru (nataru). Pos tersebut berada di Sub Terminal Sawangan, Pertigaan Pasar Kertek, Terminal Mendolo, Perempatan Plaza, dan Dieng.

“Kita prediksi nataru tahun akan kedatangan wisatawan cukup banyak, karena bersamaan dengan libur anak sekolah di akhir tahun, sehingga kita siapkan sejumlah personel di beberapa titik rawan kemacetan dan juga rawan kejahatan,” ungkap Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan dalam rakor lintas sektoral beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jumlah personil Polres Wonosobo bakal disiagakan jelang rangkaian natal dan tahun baru. Lima pos pengamanan dan pos pelayanan yang didirikan di sejumlah titik, baik di titik rawan kemacetan, pintu masuk dan objek wisata untuk membantu melancarkan arus lalin serta memastikan kondisi keamanan dan ketertiban tetap terjaga selama perayaan natal hingga tahun baru.

“Personil di pos akan melakukan penjagaan secara rutin selama 24 jam, termasuk nanti pada saat natal ada proses pengamanan tempat ibadah,” katanya.

Dijelaskan, untuk petugas di pos pelayanan akan berisi petugas gabungan dari lintas sektoral, selain polisi, ada TNI, Satpol PP dan linmas, petugas kesehatan, Perkimhub, PMI dan juga relawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar mengemukakan agar kesiapan jelang nataru ini dapat menghasilkan solusi yang tepat. Dengan langsung melakukan tindak lanjut guna menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi saat perayaan berlangsung.

"Saya berharap dapat melakukan langkah-langkah koordinatif dengan pihak keamanan, seperti POLRI dan TNI, dalam melakukan pengamanan tempat ibadah," ungkapnya.

Berkaitan dengan persoalan ekonomi dan perdagangan agar tetap stabil. Dengan melakukan langkah antisipatif, terkait kemungkinan kenaikan harga bahan pokok di masyarakat, termasuk harga LPG dan BBM.

“Kesiapan kepokmas akan dipantau, pastikan kondisinya aman serta stabil, baik dari sisi stok maupun harga, sehingga tidak menimbulkan gejolak dalam perayaan natal dan pergantian tahun nanti,”  tegasnya.

Terutama terkait ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat dan layanan umum. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat dalam terlaksana dengan optimal dan tidak ada gejolak ataupun permasalahan di masyarakat. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com