Kunjungan Wisatawan Naik, Inilah Tempat Wisata 5 Kecamatan di Temanggung yang Bakal Dikembangkan

Kunjungan Wisatawan Naik, Inilah Tempat Wisata 5 Kecamatan di Temanggung yang Bakal Dikembangkan

WISATA ALAM POSONG. Salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Temanggung yang menjadi destinasi favorit dengan jumlah pengunjung terbanyak. Foto : IST/magelangekspres--

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Temanggung pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 lalu mencapai 35 ribu orang. Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung pada tahun 2023 memfokuskan pengembangan wisata alam di lima kecamatan yakni Kledung, Ngadirejo, Tretep, Bejen, serta Wonoboyo. 

Sebagai tindak lanjut kunjungan wisatawan di Kabupaten Temanggung pada libur Natal dan tahun baru 2023 yang mencapai 35 ribu pengunjung, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinbudpar mencanangkan pengembangan wisata di Kabupaten Temanggung, terlebih pada pengembangan wisata alam karena potensinya yang dianggap dapat diangkat ke kancah nasional hingga internasional. 

Kepala Dinas Dinbudpar, Saltiyono Atmaji mengatakan, pada libur natal dan tahun baru 2023 lalu, kunjungan wisatawan di beberapa destinasi wisata di Temanggung tembus sebanyak 35 ribu orang dengan kunjungan terbanyak yakni di kecamatan Kledung. 

"Pada libur natal dan tahun baru 2023 kunjungan wisatawan di beberapa destinasi wisata di Kabupaten Temanggung ada sebanyak 35 ribu orang. Jumlah terbanyak yaitu kunjungan wisata ke Sigandul View dan Wisata Alam Posong di kecamatan Kledung yang mencapai 20 ribu pengunjung lebih," ujar Saltiyono, Rabu, 04 Januari 2023. 

Saltiyono juga menambahkan, untuk wisata di Kabupaten Temanggung saat ini masih di dominasi oleh wisata alam potensial. Oleh karena itu pihaknya di tahun 2023 ini masih terus melakukan pengembangan. 

"Di Temanggung selama ini masih dominan wisata alam, dan wisata buatan hanya Pikatan WaterPark serta beberapa kolam renang lokal. Untuk itu, karena wisata alam masih mendominasi, maka di tahun 2023 ini kita masih mengembangkan wisata alam itu," kata 

Menurutnya, terdapat lima kecamatan di Kabupaten Temanggung ini yang potensi alamnya dianggap bisa untuk diangkat ke kancah nasional hingga internasional, yakni Kecamatan Ngadirejo, Tretep, Bejen, Wonoboyo, serta kecamatan Kledung. 

"Di kecamatan Kledung saat ini sudah ada wisata alam Posong, Sigandul View, dan juga Embung Kledung yang mampu menarik kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah, sementara di Kecamatan Ngadirejo sudah ada wisata kolam renang, Wisata Umbul Jumprit, dan juga Situs Liyangan, sedangkan di Kecamatan Bejen, Tretep dan Wonoboyo ada Wisata Alam Kembang Arum serta pendakian Gunung Prau," ujarnya. 

Lebih lanjut, Saltiyono msnyebut, guna pengembangan destinasi di lima kecamatan tersebut, Disbudpar akan terus berupaya dalam memperbaiki insfrastruktur pendukung seperti pelebaran dan pembangunan akses jalan menuju lokasi wisata serta melakukan promosi melalui sosial media maupun promosi pada saat event-event kesenian dan budaya. 

"Pada tahun 2022 kemarin, dilakukan pembangunan jalan akses ke lokasi wisata itu dari Kecamatan Ngadirejo hingga Sibajag. Di situ kan sekarang menjadi akses wisatawan luar daerah yang akan ke Dieng, jadi kita manfaatkan agar wisatawan tidak hanya berkunjung ke Dieng, melainkan juga singgah dan menikmati destinasi wisata yang kita punya seperti Sibajag Green Canyon, Wisata Umbul Jumprit, dan juga rest area Jumprit yang baru selesai dibangun," pungkasnya. (mg3). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres