BSU Dihapus! Begini BSU Dihapus! Begini Cara Mendaftar Kartu Prakerja Terbaru 2023

BSU Dihapus! Begini BSU Dihapus! Begini Cara Mendaftar Kartu Prakerja Terbaru 2023

Laman Dashboard. foto : IST/magelang ekspres--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bantuan subsidi upah atau BSU pada tahun 2023 ini kabarnya akan dihilangkan. Tapi tenang, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, pemerintah sudah menyiapkan penggantinya dengan nominal yang lebih besar yaitu Program Kartu Prakerja mulai tahun 2023 ini.

Dibanding Program Kartu Prakerja tahun 2022, kabarnya di tahun 2023 ini masing-masing bisa mendapatkan bantuan hingga Rp4,2 juta loh. Sedangkan peserta Kartu Prakerja tahun 2022 hanya mendapatkan Rp3,5 juta.

Rinciannya peserta mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, ditambah insentif pasca-pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak satu kali, dan insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Keputusan pemerintah ini membuat masyarakat mulai mencari cara untuk bisa mendapatkan pengganti BSU. Apalagi peserta Kartu Prakerja memperoleh dana yang lebih besar ketimbang BSU.

Lalu bagaimana cara mendaftar program Kartu Prakerja secara simpel dan mudah? Artikel ini akan mengulasnya secara lengkap.

BSU sendiri diberikan pemerintah kepada sasaran 14 juta pekerja di Tanah Air. Hingga penghujung Desember 2022, Kemnaker hanya menyalurkan BSU kepada kurang lebih 12 juta pekerja dari target. Akan tetapi, pada awal tahun 2023 kepastian pencairan BSU 2023 masih simpang siur bahkan digadang-gadang bakal dihapuskan. 

Tapi tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa bantuan sosial atau bansos yang siap dicairkan kepada para pekerja. Nilainya cukup jauh lebih besar dibandingkan dengan BSU. Sebab, melalui Pra Kerja setiap individu bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp4,2 juta per peserta.

Pendaftarannya pun cukup mudah. Masyarakat hanya perlu modal KTP elektronik dan HP saja untuk bisa mendapat bansos ini. Simak caranya di bawah ini!

Buat Akun

1. Klink link berikut ini di HP kamu https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

2. Masukkan email dan password lalu klik "Daftar".

3. Setelah itu kamu akan mendapatkan verifikasi email. Buka email kamu dan link yang dikirimkan ke email.

4. Akun Kartu Prakerja kamu sudah selesai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres