Hati-hati Lur! Banyak Ranjau di Jalan A Yani Kota Magelang

Hati-hati Lur! Banyak Ranjau di Jalan A Yani Kota Magelang

BERLUBANG. Jalan A Yani Kedungsari, Magelang Utara terdapat banyak berlubang dengan ukuran variatif.(foto : larasati putri/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Para pengendara di Jalan A Yani Kota Magelang di ruas Kedungsari, Magelang Utara diresahkan dengan banyaknya 'ranjau lubang' di aspal. Lubang yang muncul di jalan itu memang berukuran tidak terlalu lebar, tetapi memiliki kedalaman lebih dari 15 sentimeter.

Pantauan di jalan tersebut, Minggu, 8 Januari 2023, deretan lubang itu banyak ditemui di sisi barat Jalan A Yani. Terutama dari kawasan SPBU Potrobangsan hingga simpang Kupatan, Kedungsari, Magelang Utara.

Kerusakan terparah berada di sisi barat jalan. Lubang aspalini diduga ditimbulkan karena truk bermuatan pasir menuju arah Semarang atau arah utara. Sebab di ruas sisi timur kondisi jalannya hampir tidak ditemukan ada lubang jalan.

Banyaknya lubang jalan berukuran variatif itu tentu saja sangat membahayakan para pengguna jalan. Terlebih bagi pengendara sepeda motor.

Seperti yang dirasakan Wawan (22), warga Secang Kabupaten Magelang. Dia mengaku lubang jalan ada sejak beberapa pekan terakhir. Intensitas hujan yang tinggi membuat lubang jalan semakin banyak.

"Ditambah truk muatan pasir yang membawa beban cukup berat, terkadang membuat aspal mudah amblas," katanya.

Yang lebih membahayakan karena pengendara sepeda motor seringkali bermanuver mendadak, untuk menghindari lubang jalan.

"Kalaupun terkena lubang kan mudah kaget, jadi ada potensi oleng. Sedangkan kendaraan di Jalan A Yani cukup padat, dengan kendaraan dengan muatan berat, tentu sangat berbahaya," ucapnya.

Jalan A Yani dari Sambung sampai Kebonpolo sendiri merupakan jalan nasional yang wewenangnya langsung ditangani pemerintah pusat. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang tidak punya wewenang untuk memperbaiki jalan itu. Pasalnya, pemkot Magelang hanya bisa melaporkan saja, bila terjadi kerusakan jalan.

Keluhan ini juga terjadi di media sosial. Di Facebook misalnya, sudah beberapa hari ini warganet mengeluhkan Jalan A Yani yang tak semulus dulu.

Padahal ruas jalan tersebut termasuk dalam jalur protokol kota, yang acap dipadati arus kendaraan segala jenis, termasuk truk tronton, bus penumpang, mobil, hingga sepeda motor. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com