Siswa SMAN 1 Kota Mungkid Dibekali Jurnalistik Dasar

Siswa SMAN 1 Kota Mungkid Dibekali Jurnalistik Dasar

PELATIHAN. Anggota Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Kota Mungkid, Magelang, dalam kegiatan Latihan Dasar Jurnalistik.(foto : Chandra Yoga Kusuma/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Guna meningkatkan kemampuan penulisan berita dan foto jurnalistik, Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Kota Mungkid, Magelang, selenggarakan Latihan Dasar Jurnalistik (LDJ). Dalam pelatihan yang digelar di Laboratorium Biologi pada Sabtu (7/1/2023) tersebut fokus dalam penulisan berita dan foto jurnalistik.

“Siswa agar tahu dan paham tentang dasar-dasar jurnalistik. Harapannya setelah kegiatan ini, siswa bisa membuat konten berita dan foto yang menarik. Berita enak dibaca, foto menarik dilihat,” kata Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik, Wahyu Langgeng Prasetyo.

Langgeng mengatakan, dalam menyusun kegiatan tersebut, panitianya dari anggota jurnalistik kelas 12. Penyelenggaraan LDJ juga sebagai sarana belajar berorganisasi dan berkoordinasi dalam kegiatan.

“Penyelenggara acara ini adalah anak-anak dari anggota Ekstrakulikuler Jurnalistik kelas 12 yang masa baktinya akan purna.  Setelah LDJ diadakan serah terima jabatan (sertijab) dari anggota lama ke anggota yang baru,” jelas Langgeng.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris panitia Salma Alya M mengatakan LDJ adalah untuk menambah wawasan dan juga melatih kemampuan peserta calon anggota ekstrakurikuler tersebut.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan LDJ ini adalah agar calon anggota baru dapat menambah wawasan dan melatih kemampuan mereka dalam membuat atau menulis suatu berita yang baik dan benar,” terang Salma.

Sebagai pematerinya tim dari media Magelang Ekspres. Mereka diberi penjelasan soal 5W+1 H dan juga teknis mengambil foto untuk jurnalistik.

Salah satu peserta, Syafaana menuturkan bahwa dia merasa senang dengan dilaksanakanya kegiatan LDJ ini. Karena bisa menambah wawasan serta pengalaman.

“Saya merasa senang karena saya dapat menambah ilmu soal cara membuat berita yang baik dan benar, termasuk mendapat teori dan praktek foto jurnalistik," tutur Syafaana.(cha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com