Jadi Terang! Lampu Jalan Kota Magelang Ditambah Tahun 2023

Jadi Terang! Lampu Jalan Kota Magelang Ditambah Tahun 2023

Pengelola Penerangan Jalan Umum Dishub Kota Magelang, Johanes Waskito.foto : larasati putri/magelang ekspres--magelang ekspres

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Sejumlah proyek renovasi jalanan kota yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang kini telah usai. Guna melengkapi sarana prasarana kenyamanan pengguna jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang berencana menambah lampu penerangan jalan umum (PJU) mulai dari Jalan Pahlawan kawasan Pentiperi hingga Jalan Cempaka, Magelang Tengah, Kota Magelang.

Pengelolaan Penerangan Jalan Umum, Dishub Kota Magelang, Johanes Wakito mengatakan, rencana penambahan lampu jalan ini digunakan sebagai fasilitas pencahayaan untuk pedestrian (pejalan kaki) agar lebih nyaman dan aman.

“Kita akan menambahkan lampu jalan di sepanjang area Pentiperi hingga Jalan Cempaka,” ujar Joe sapaan akrab Johanes Waskita.

Menariknya, lampu penerangan rancangan Dishub Kota Magelang akan dibuat berbeda dengan lampu jalan yang sudah terpasang di Kota Magelang. Joe menambahkan, lampu jalan yang akan dipasang di jalan tersebut menggunakan desain bercabang tiga dan estetika daun.

“Selain untuk penerangan, biar nantinya cantik, kan di jalan ini ada beberapa spot tempat duduk di area trotoar. Jadi punya nilai fungsional dan estetika,” ungkap Joe kepada wartawan saat ditemui di kantornya pada Senin, 9 Januari 2023.

Lebih lanjut, rampungnya restorasi drainase di Jalan Perintis Kemerdekaan, Sanden, Kramat Selatan, Magelang Utara, juga direncanakan akan ditambah PJU karena area itu cukup gelap bagi pengguna jalan.

“Kanan kiri jalan itu dipenuhi pohon-pohon dari warga setempat, mungkin terdekat akan dilakukan koordinasi dulu untuk pemotongan beberapa ranting yang menutup jalan agar suasananya lebih terang,” kata Joe.

Di samping penyempurnaan jalanan,Dishub Kota Magelang juga akan mengonversi lampu PJU dari High Pressure Sodium (HPS) 150 watt menjadi lampu LED 40 watt.

“Di Kota Magelang masih 30% yang menggunakan lampu LED, jadi kita berencana untuk mengganti semua lampu gas (HPS) ke LED agar pengguna jalan lebih nyaman karena penerangan yang cukup,” jelas Joe.

Kegiatan pengadaan PJU di Kota Magelang akan dikerjakan di akhir tahun melalui Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) Perubahan tahun 2023. (mg4)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres