Sinergitas Untidar-BNPT RI Cegah Ideologi Terorisme

Sinergitas Untidar-BNPT RI Cegah Ideologi Terorisme

Penandatanganan perjanjian kerja sama sebagai wujud sinergitas Untidar dan BNPT RI dalam penanggulangan teroris.-FOTO : HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebagai upaya pencegahan tindak pidana terorisme dan deradikalisasi, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) menggandeng Universitas Tidar (Untidar) melalui penandatanganan kerja sama di Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) Bansari, Kabupaten Temanggung belum lama ini.

Rektor Untidar, Prof Sugiyarto mengatakan, perjanjian kerja sama bertujuan guna membangun kesadaran dalam upaya mencegah ideologi terorisme.

Untuk itu, diperlukan adanya keberagaman komponen dan pendekatan metode dalam menangani permasalahan tersebut, termasuk melalui jalur peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Ini suatu hal yang sangat luar biasa yang harus kita dukung bersama-sama, karena seperti yang kita ketahui bersama, terorisme ini merupakan aksi yang meresahkan karena menyebarkan rasa takut yang luar biasa, merusak keamanan, cara berpikir, dan merusak rasa kebangsaan kita," ujar Sugiyarto, Selasa 9 Mei 2023.

BACA JUGA:Soal Pertanian, F-PPP: Data dan Fakta Harus Berbanding Lurus

Ia menyebut, perjanjian kerja sama ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pencegahan tindak pidana terorisme di lingkungan universitas, guna terciptanya lingkungan dan perilaku insan yang bebas dari radikalisme maupun terorisme.

"Kami selaku pengelola lembaga pendidikan Untidar menyadari akan tanggung jawab ini sepenuhnya terutama pada usia dewasa. Perguruan tinggi merupakan celah yang sangat strategis bagi masuknya terorisme," lanjutnya.

Ia mengaku siap mendukung program deradikalisasi berbasis kesejahteraan mitra melalui pemanfaatan lahan KTN untuk masyarakat Temanggung.

Salah satu diantaranya bentuk kesiapan tersebut ialah pembukaan delapan program studi (prodi) baru dibidang pertanian.

BACA JUGA:Peringati Harlah ke-89, GP Ansor Temanggung Gelar Parade 1.000 Drumband

"Kami siap mendukung pemanfaatan lahan KTN untuk masyarakat Temanggung dan program deradikalisasi BNPT RI. Untuk itu, kerja sama dengan BNPT merupakan satu bentuk kerja sama yang sangat strategis untuk menanggulangi berkembangnya terorisme pada generasi muda. Kami pun bersinergi satu dan lainnya," tutupnya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres