154 Lulusan Diwisuda Rektor Baru UMP

154 Lulusan Diwisuda Rektor Baru UMP

Foto: WISUDA. Sebanyak 154 lulusan UMP menjalani Wisuda Sarjana Angkatan 68 Tahun 2023 di Auditorium Kasman Singodimedjo kampus setempat, -Eko Sutopo-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 154 lulusan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menjalani Wisuda Sarjana Angkatan 68 Tahun 2023 di Auditorium Kasman Singodimedjo kampus setempat, Sabtu (13/5).

Dari jumlah itu, sebanyak 14 wisudawan dari sejumlah program studi (Prodi) dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

Prosesi wisuda berlangsung khidmat dipimpin oleh Rektor UMP yang baru saja dilantik menggantikan Dr Rofiq Nurhadi MAg, yakni Dr Teguh Wibowo MPd. Hadir antara lain perwakilan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah. Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, juga hadir langsung bersama jajaran Forkopimda.

Sebanyak 154 lulusan yang diwisuda terdiri atas 74 perempuan dan 80 laki-laki.

BACA JUGA:Aziza Vira Arunita Dinobatkan Jadi Wisudawan Terbaik UNIMMA Periode II 2022/2023

Rinciannya yakni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7 orang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa 2 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 9 orang, Pendidikan Ekonomi 5 orang, Pendidikan Matematika 8 orang, Pendidikan Teknik Otomotif 32 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 16 orang, Manajemen 38 orang, Agribisnis 4 orang, Peternakan 5 orang, Teknik Sipil 14 orang, Teknologi Informasi 6 orang, Psikologi 2 orang, dan Prodi Hukum 6 orang.

Sementara untuk wisudawan dengan predikat terbaik tiap-tiap Prodi yakni dari Agribisnis Nur Sugiarti dengan IPK 3,85, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Nur Hamidah dengan IPK 3,77, Pendidikan Teknik Otomotif Fendi Yuliawan dengan IPK 3,77, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Eka Sulistiya dengan IPK 3,68 dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Intan Nasihah dengan IPK 3,60.

Dilihat dari segi usia, diperoleh data tentang usia wisudawan termuda sampai dengan hari ini, yakni Eka Sulistiya, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, lahir di Purworejo pada tanggal 06 Agustus 2002. Jadi saat ini berusia 20 tahun 9 bulan 7 hari.

“Secara khusus, kami ucapkan selamat kepada wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude, wisudawan terbaik dan wisudawan yang lulus dengan usia termuda,” kata Rektor dalam pidatonya.

Rektor mengingatkan, dengan ketatnya persaingan dalam semua aspek kehidupan membuat kita harus mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan.

BACA JUGA:Tiga Kades di Purworejo Maju Nyaleg Lewat PKB

“Pendidikan dan pengalaman selama menjalani kuliah di Universitas Muhamamdiyah Purworejo, kami harap dapat menjadi bekal bagi Saudara baik dalam berfikir dan bertindak, sebagai insan intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dan berbudaya,” pesan Rektor di hadapan para wisudawan.

Sementara itu, Wabup Purworejo menyampaikan bahwa wisuda bukan merupakan akhir, melainkan justru awal dari pendewasaan dan perjuangan yang sesungguhnya. Hal itu karena karena setelah diwisuda, para wisudawan memiliki tanggung jawab tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi dituntut untuk berkontribusi nyata bagi lingkungan sekitar dan untuk kemajuan bangsa.

“Maka dari itu, jadikanlah wisuda ini sebagai momentum awal untuk berusaha dan bekerja lebih gigih lagi dalam menghadapi tantangan kehidupan yang sesungguhnya di tengah masyarakat,” tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres