Bankeu Rp1 Miliar Lebih Digelontorkan ke 10 Parpol di Purworejo

Bankeu Rp1 Miliar Lebih Digelontorkan ke 10 Parpol di Purworejo

Foto: TERIMA BANKEU. Sebanyak 10 Parpol menerima Bankeu dari APBD Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2023 di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, -Eko Sutopo-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 10 partai politik (Parpol) yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Purworejo hasil pemilu 2019 menerima bantuan keuangan (Bankeu) dari APBD Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2023 senilai total Rp1.097.973.162.

Digelontorkannya Bankeu tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas Parpol dalam kehidupan demokrasi.

Penyerahan Bankeu secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SE, kepada masing-masing ketua dan pengurus Parpol di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, Jumat (19/5/2023).

Wabup Yuli Hastuti mengungkapkan bahwa salah satu cara  meningkatkan kapasitas Parpol yakni melalui pendidikan politik bagi masyarakat maupun anggota Parpol.

BACA JUGA:Ratusan Personel Polres Purworejo Dikerahkan Amankan Gereja

Menurutnya, jika kader-kader yang duduk di legislatif itu kompeten, memiliki integritas bagus sebagai representasi rakyat, dan ditambah memiliki moral yang kokoh, maka demokrasi yang berjalan akan semakin kuat.

“Bantuan berupa uang diberikan secara proporsional berdasarkan hasil perolehan suara kepada partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Purworejo hasil pemilu 2019,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Wabup, dalam era demokrasi saat ini, Parpol mempunyai kontribusi yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu, Parpol harus terus melakukan konsolidasi dan membangun partai menuju sosok partai yang mandiri.

BACA JUGA:Mahasiswa Pembunuh Perempuan Hamil Asal Purworejo Akhirnya Divonis Mati

“Saya berharap partai politik di Kabupaten Purworejo bisa turut memberikan kontribusi secara aktif, utamanya dalam mewujudkan salah satu misi, yakni mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing,” tandasnya.

Dalam penyerahan itu diketahui,

PDI Perjuangan mendapatkan Bankeu terbanyak yakni sebesar Rp228.844.044.

Berikutnya Partai Golkar sebesar Rp204.380.748,

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rp145.847.988,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres