Tak Terjangkau Unit Damkar, Pemadaman Kebakaran Pakai Ember

Tak Terjangkau Unit Damkar, Pemadaman Kebakaran Pakai Ember

RUMAH. Kebakaran rumah kembali terjadi Kabupaten Wonosobo. Satu unit rumah di Kampung Kemiri Sukorejo Mojotengah habis dilalap si jago merah Selasa sore (7/6).-foto: agus supriyadi/wonosobo ekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO,MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kebakaran rumah kembali terjadi kabupaten Wonosobo. Satu unit rumah di Kampung Kemiri Sukorejo Mojotengah habis dilalap si jago merah Selasa sore (7/6). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Tidak ada korban, namun rumah dan isinya ludes menjadi arang," ungkap Plt Kepala BPBD, Bambang Triyono.

Menurutnya, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Kebakaran pertama kali diketahui oleh tetangga korban. Api sudah besar dan dengan cepat melahap sisi rumah.

"Api dengan cepat membakar rumah yang terbuat dari papan kayu. Warga yang mengetahui berupaya membantu dengan menggunakan alat seadanya," katanya.

BACA JUGA:Tanggap GRK, Pemkab Wonosobo Dorong Kualitas Proklim

Pihak pemerintah desa yang mengetahui kejadian tersebut langsung menelpon Damkar dan BPBD, meski jarak tidak jauh, namun akses Damkar ke lokasi susah lantaran terlampau sempit.

"Rumah yang terbakar jauh dari jangkauan unit Damkar dan berada di gang sempit, sehingga petugas melakukan pendinginan dengan cara manual (ember) dengan mengambil air yang secara kebetulan sumber air berada di samping tempat kejadian perkara," ujarnya.

Api berhasil dipadamkan oleh warga, Damkar dan relawan satu jam kemudian. Dari hasil assessment tim BPBD, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Kita minta kepeda pemerintah Desa Sukorejo untuk menggelar gotong royong pembersihan lokasi kejadian, agar memudahkan nanti saat proses pemulihan kembali," katanya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres