SI MONALISA : Melalui Aplikasi Ini Alumni Program Pelatihan di Kota Magelang Terdata Rapi

SI MONALISA : Melalui Aplikasi Ini Alumni Program Pelatihan di Kota Magelang Terdata Rapi

Melalui Aplikasi Ini Alumni Program Pelatihan di Kota Magelang Terdata Rapi-DISNAKER KOTA MAGELANG-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Setiap program mestinya dievaluasi secara berkala dan terus-menerus untuk memaksimalkan potensi sesuai perencanaan hingga pemanfaatannya.

Seperti yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Magelang itu meluncurkan sebuah aplikasi khusus untuk memantau hasil program Magelang Entrepreneurship.

Untuk diketahui, Magelang Entrepreneurship adalah program dari Pemkot Magelang untuk menciptakan minimal 1 RT satu wirausaha.

Kepala UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Magelang Agustina Panca Nugraheni SSos mengatakan, Program Pelatihan dan Pembentukan 1.500 wirausaha muda atau start-up dan ruang usaha baru adalah program unggulan Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz.

BACA JUGA:SI KARTIKA : Bikin Kartu Kuning Bisa dari Rumah Cukup Pakai Hp

Program tersebut sudah berjalan selama beberapa tahun di Kota Magelang.

Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu melakukan evaluasi sebagai tolok ukur keberhasilan program yang dijalankan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) tersebut.

"Dengan perolehan data di lapangan sesuai fakta maka kita dapat mengukur sejauh mana keberhasilan program yang dijalankan," kata Agustina Panca Nugraheni Kamis, 8 Juni 2023.

"Khusus Program Pelatihan dan Pembentukan 1.500 wirausaha kami menciptakan Si Monalisa atau akronim dari Sistem Monitoring Alumni Pelatihan yang Berwirausaha dan Bekerja," katanya lagi.

Si Monalisa adalah sistem monitoring yang berbasis online.

BACA JUGA:50 Karya Perangkat Daerah Masuk Lomba Inovasi Daerah Kota Magelang 2023

Sistem ini memanfaatkan platform Google Form yang diintegrasikan ke dalam website Disnaker Kota Magelang.

"Kami berpikir bahwa pemanfaatan teknologi mampu memberi kemudahan dari segi tenaga dan waktu serta dapat mewujudkan proses pendataan yang masif dan tersusun rapi. Karena alasan ini, kami menciptakan Si Monalisa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres