Buka Pelatihan Jurnalistik, Bupati Magelang : Pertajam Pers Sebagai Kontrol Sosial

Buka Pelatihan Jurnalistik, Bupati Magelang : Pertajam Pers Sebagai Kontrol Sosial

Bupati Magelang Zaenal Arifin membuka Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut bersama Persatuan Wartawan Indonesia Magelang, akhir pekan lalu.-FOTO : ISTIMEWA/TANGKAPAN LAYAR-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bupati Magelang, Zaenal Arifin melihat bahwa fungsi pers tak hanya tentang penyedia informasi. Lebih dari itu, pers juga berfungsi sebagai kontrol sosial.

Hal itu disampaikan Bupati Magelang, Zaenal Arifin di sela kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Semarang, 10-11 Juni 2023.

"Fungsi pers adalah sebagai salah satu media informasi, pendidikan, hiburan, dan tidak kalah penting pers sebagai kontrol sosial," katanya.

Oleh karena itu, menurut Zaenal, pers turut bertanggung jawab dalam memberikan informasi yang akurat, akuntabel, dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Masyarakat kita butuh informasi itu, maka pers harus menyajikan dengan sebaik-baiknya. Pelatihan ini juga dalam rangka meningkatkan kemampuan insan pers sebagai kontrol sosial dan penyaji informasi yang akurat, akuntabel, dan bertanggung jawab," ujarnya.

BACA JUGA:Satukan Tekad Antisipasi El Nino, Penyuluh Siap Jadi Garda Terdepan Jaga Ketahanan Pangan

Bupati Zaenal Arifin juga menegaskan bahwa pers tetap mengedepankan kode etik jurnalistik menjelang kontestasi politik 2024.

"Saya harap informasi agar selalu sesuai dengan fakta yang ada dan bisa dipertanggungjawabkan. Mari bersama-sama kita mencegah berita hoaks yang menyesatkan," ucapnya.

BACA JUGA:Hadirkan Berbagai Inovasi, Stand BPPSDMP di PENAS XVI 2023 di Banjiri Pengunjung

Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut sebagai upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pers di wilayah Kabupaten Magelang.

Turut menjadi narasumber,  Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: