Alun-alun Dirasa Perlu Kantong Parkir Guna Mengurai Kepadatan Saat Ini

Alun-alun Dirasa Perlu Kantong Parkir Guna Mengurai Kepadatan Saat Ini

Kondisi lahan parkir yang terbatas di Alun-alun Kota Magelang seringkali penuh terutama di libur akhir pekan.-FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, menyikapi realistis wacana pembangunan basement di Alun-alun.

Secara kondisi saat ini, lahan yang tersedia dengan jumlah kendaraan memang sudah tidak berimbang.

“Memang cukup relevan apabila pusat central bussiness district (CBD) di Alun-alun ini membutuhkan kantong parkir tambahan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi, Kamis, 15 Juni 2023.

Menurut Candra, sebagai pusat perekonomian, Alun-alun Kota Magelang memiliki peran krusial dalam memperkuat pendapatan asli daerah (PAD).

BACA JUGA:Magelang Bakal Terapkan Parkir Elektronik, Begini Cara Bayarnya!

Dia mengatakan bahwa wacana pembangunan basement di Alun-alun Kota Magelang bisa memangkas luapan kendaraan yang parkir di badan jalan.

“Kalau dilihat dari dua kawasan (Alun-alun Kota Magelang dan Pecinan) memiliki demand (permintaan) kebutuhan parkir yang tinggi tetapi supply (penawaran) kapasitas parkir yang kurang,” lanjutnya.

BACA JUGA:Ada Rencana Pembangunan Basement Parkir di Alun-alun, Ini Tanggapan Petugas Parkir

Untuk itu, Candra mengaku setuju dengan rencana penambahan spot parkir berkonsep basement yang sedang direncanakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang.

“Basement ini sebenarnya menarik, tentunya sebagai fasilitas yang bisa diberikan kepada para konsumen. Kalau parkirnya proper akan lebih banyak masyarakat yang membelanjakan uangnya di Alun-alun Kota Magelang, muaranya peningkatan ekonomi,” jabarnya.

BACA JUGA:Marjinugroho Sarankan Pemkot Magelang Urungkan Niat Bangun Basement Parkir di Alun-alun

Dari segi penataan lalu lintas, lanjut Candra, adanya basement akan mengurai kepadatan kendaraan bermotor atau mobil yang membludak di satu sisi saja.

Dengan begitu, arus lalu lintas lebih terkendali dan merata.

Sedangkan untuk nasib para pekerja parkir, Candra mengungkapkan bahwa diperlukan strategi yang baik agar semua pihak merasa nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres